MODALITAS POLITIK KEMENANGAN KANDIDAT PEREMPUAN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA KECAMATAN SOLOR TIMUR KABUPATEN FLORES TIMUR)

Detail Cantuman

Skripsi

MODALITAS POLITIK KEMENANGAN KANDIDAT PEREMPUAN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA KECAMATAN SOLOR TIMUR KABUPATEN FLORES TIMUR)

XML

Fokus tulisan ini mencoba melihat modalitas politik kemenangan kandidat perempuan dalam studi kasus pemilihan kepala desa di desa Lebao berdasarkan keempat teori modalitas yang ditawarkan oleh A. Pierre Bourdieu. Keempat teori modal politik dari A. Pierre Bourdieu ini diaplikasikan dalam pemilihan kepala desa di desa Lebao oleh Ibu Maria Kelogo Teluma. Keempat teori modal politik itu antara lain: Modal budaya, modal sosial, modal politik dan modal ekonomi. Ibu Maria Kelogo Teluma juga telah dengan baik menghidupi modal budaya. Modal budaya juga sangat penting karena dengan adanya modal budaya ini, Ibu Maria Kelogo Teluma pun berhasil menarik simpati rakyat dengan cara selalu terlibat dalam kehidupan budaya seperti terlibat aktif dalam kegiatan adat dan sebagainya. Berbicara tentang modal sosial, Ibu Maria Kelogo Teluma dalam hal ini telah menghidupi dan mempraktekkan modal sosial ini dengan baik. Berkat modal sosial yang baik ini, Ibu Maria Kelogo Teluma mendapat dukungan penuh dari masyarakat desa Lebao yang memilihnya sebagai kepala desa di desa Lebao. Modal politik sangat berperan penting dalam kemenangan Ibu Maria Kelogo Teluma sebagai kepala desa di desa Lebao. Modal politik Ibu Maria Kelogo Teluma berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa Ibu Maria Kelogo Teluma memiliki modal politik yang kuat. Modal ekonomi juga sangat penting dalam kemenangan Ibu Maria Kelogo Teluma. Menarik untuk dilihat bahwa dalam modal ekonomi ini, Ibu Maria Kelogo Teluma juga memiliki modal ekonomi dalam ajang persaingan dengan kandidat lain. Keempat teori modal politik ini masih sangat relevan untuk kehidupan zaman ini. Ibu Maria Kelogo Teluma dalam hal ini telah sukses mempraktekkan keempat teori modal politik ini sehingga beliau menjadi kepala desa. Modalitas politik kemenangan kandidat perempuan Maria Kelogo Teluma ini tidak terlepas dari teori modalitas politik dari A. Pierre Bourdieu. Ibu Maria Kelogo Teluma sungguh menyadari bahwa teori dari Bourdieu ini sangat cocok untuk diaplikasikan dalam pemilihan kepala desa, hingga akhirnya beliau keluar sebagai pemenangnya.


Detail Information

Item Type
Penulis
Kelvianus N. Lamanepa - Personal Name
Student ID
1803040010
Dosen Pembimbing
Penguji
FRANS B.RICKY HUMAU - 199101062019031008 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Lam K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA