Skripsi
Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Atulaleng
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi daur hidup hewan dengan menggunakan video animasi di kelas IV SD Inpres Atulaleng. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Atulaleng.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keaktifan guru pada siklus I diperoleh skor 48 dengan rata-rata 80 yang berkategori baik , Siklus II dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 54 dengan rata-rata mencapai 90 yang berkategori sangat baik, (2) Keaktifan siswa pada siklus I diperoleh siklus I, diperoleh skor sebesar 769 dengan rata-rata mencapai 69,65 yang berkategori baik. Pada siklus II, diperoleh skor 992 dengan rata-rata 89,85berkategori baik sekali, (3) hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh skor 1581, rata-rata mencapai 68,73 dan ketuntasan sebesar 54,52%. pada siklus II, diperoleh skor 2090, nilai rata-rata mencapai 90,86, ketuntasan 91,30%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Inpres Atulaleng.
Kata kunci :Video animasi, Hasil belajar, Daur hidup hewan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Agustina Peni - Personal Name
|
Student ID |
1601140078
|
Dosen Pembimbing |
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Pen P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |