Nilai-nilai Tata Krama Masyarakat Timor dalam Melayani Tamu di Desa Nibaaf, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Nilai-nilai Tata Krama Masyarakat Timor dalam Melayani Tamu di Desa Nibaaf, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Permasalahan dalam tulisan iniBagaimana proses penerimaantamu di desaNibaafserta Bagaimana Nilai-nilai tata krama masyarakat timor dalam melayani tamu di Desa Nibaaf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai tata krama masyarakat timor dalam melayani tamu di Desa Nibaaf.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode pendekatan deskriptif kualitatif yakni suatu analisis yang menggambarkan secara terperinci hasil – hasil yang ditemukan di lapangan berdasarkan pertayaan – pertanyaan yang telah ada. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Dalam penelitian ini adalahtokoh adat, tokoh masyarakat, kepala desa masyarakat Desa Nibaaf.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses penerimaan tamu di desa Nibaaf dibagi atas dua yaitu (1) tamu pemerintahan, dan (2) tamu lokal, tamu pemerintahan terbagi atas tiga proses yaitu (a) natone atau penyambutan menggunakan bahasa adat,(b) pengalungan sebagi bentuk penghargaan, dan (c) tarian adat sebagai bentuk ucapan terima kasih. Sedangkan tamu lokal terdapat tiga proses yaitu (a) senyum sebagai langkah awal menyambut maupun bertamu, (b) jabat tangan sebagai bentuk empati terhadap tamu yang berkunjung,(c) sirih pinang sebagai jembatan penghubung kominikasi antara tamu dan tuan rumah. adapun nilai-nilai yang terdapat dalam proses pnerimaan tamu yaitu a) nilai religius daam proses penerimaan tamu yaitu adanya natone dalam menyambut tamu, (b) nilai budaya dalam proses penyambutan tamu yaitu masyarkat maupun semua elemen dalam desa nibaaf masih mempertahankan proses dari penerimaan tamu sebagai sebuah budaya(c) nilai sosial pada proses penerimaan tamu yaitu jika ada tamu pemerintahan yang berkunjung maka semua lapisan masyarakat turut mengambil bagian dalam proses penyambutan sebagai sebuah budaya yang wajib dilestarikan.

Kata kunci : Nilai-nilai tata krama orang timor dalam menyambut tamu, proses penerimaan tamu


Detail Information

Item Type
Penulis
Emanuel Banunaek - Personal Name
Student ID
1701070024
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ban N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA