ANALISIS PENGARUH VOLUME LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN DI KOTA KUPANG ( STUDI KASUS JALAN JENDERAL SUDIRMAN KUANINO )

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENGARUH VOLUME LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN DI KOTA KUPANG ( STUDI KASUS JALAN JENDERAL SUDIRMAN KUANINO )

XML

Penelitian ini dimaksudkan untukmenganalisis tingkat kebisingan kendaraan akibat lalu lintas pada jalan JenderalSudirman Kuanino Kota Kupang dan menyatakan hubungan antara tingkatkebisingan yang terjadi dengan volume kendaraan serta memberikan solusipenanganan untuk kebisingan yang terjadi. Analisis data kebisingan menggunakanmetode yang didasarkan pada “ The Book of Calculation of Road Traffic Noise”(CoRTN Method) yang diterbitkan oleh Departemen Perhubungan, Welsh Office,HMSO (1988) yang kemudian di dilakukan analisis hubungan antara volumekendaraan dengan tingkat kebisingan menggunakan Metode Regresi LinearBerganda pada Software SPSS 22.0 For Windows.Proses analisis meliputi : nilai kebisingan yang terjadi, nilai korelasi (hubungan)antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas, tingkat keberartian (signifikansi)dari masing-masing koefisien regresi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasilanalisis maka tingkat kebisingan tertinggi pada Jalan Jenderal Sudirman KuaninoKota Kupang adalah sebesar 77,59 dB(A) telah melewati baku mutu kebisinganuntuk kawasan perdagangan dan jasa yaitu sebesar 70 dB(A). Bentuk modelpersamaan tingkat kebisingan lalu lintas terbaik adalah (Y) = 48,365 + 0,010X1 +0,459X2 dengan nilai R2 = 0,873 yang menunjukan bahwa pengaruh yang diberikavariabel X1 dan X2 (variabel bebas) terhadap variabel Y (kebisingan) adalahsebesar 87,30 %. Dimana nilai X1 adalah volume total kendaraan (sepeda mototr,kendraan ringan dan kendaraan berat) X2 adalah kecepatan rata-rata kendaraan danY nilai tingkat kebisingan. Alternatif solusi penanganan yang ditawarkan padalokasi penelitian ini yaitu insulasi pada facade bangunan dengan penggantianjendela berkaca ganda atau triple dengan ketebalan kaca minimal 6 mm dapatmengurangi kebisingan secara teoritis dapat mengurangi kebisingan hingga 15-25dB(A).
Kata Kunci : Volume lalu lintas, tingkat kebisingan, metode CoRTN, regresi linea


Detail Information

Item Type
Penulis
FLAVIANUS FABIANTO BERE - Personal Name
Student ID
1706010086
Dosen Pembimbing
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
I Made Udiana - 196201101989031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 BER A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA