Peramalan Nilai Tukar Petani di Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)

Detail Cantuman

Skripsi

Peramalan Nilai Tukar Petani di Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)

XML

Pembangunan yang dilakukan Pemerintah Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia. Penduduk Indonesia yang tinggal di daerah perdesaan menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian sehingga diharapkan sektor pertanian dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatan petani. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan daya beli petani adalah Nilai Tukar Perani (NTP). Nilai tukar petani merupakan rasio antara indeks harga yang diterima oleh petani (It) dan indeks harga yang dibayar oleh petani (Ib). Banyak masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur bermata pencaharian sebagai petani sehingga perlu dilakukan peramalan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk peramalan adalah Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Metode ARIMA memanfaatkan sepenuhnya data masa lalu dan sekarang dari variabel dependen untuk melakukan peramalan jangka pendek yang akurat. Metode ARIMA merupakan model gabungan antara autoregressive (AR) dan moving average (MA) dimana model ini mampu mewakili deret waktu yang stasioner dan non-stasioner. Model terbaik yang digunakan untuk peramalan adalah model ARIMA (0,1,1) yang artinya data nilai tukar petani hasil peramalan dipengaruhi oleh residual periode sebelumnya dan dilakukan differencing sebanyak satu kali pada data nilai tukar petani. Hasil peramalan menunjukan bahwa petani mengalami defisit karena pendapatan petani lebi kecil dari pengeluaran. Hasil peramalan ini dapat menjadi tolak ukur bagi pemerintah untuk membuat kebijakan bagi kesejahteraan petani.

Kata kunci: Nilai tukar petani, ARIMA, autoregressive dan moving average


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1806040069
Dosen Pembimbing
Maria A. Kleden - 196801131993032001 - Dosen Pembimbing 1
Rapmaida M. Pangaribuan, S.Si, M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ariyanto - 197505102003121002 - Penguji 1
Irvandi Gorby Pasangka.S.Si,M.Sc - 199111262019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 Bal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA