Prosedur Penyelesaian Pelanggaran Lalu Lintas Dan Implementasi Sanksi Pengganti Denda Dalam Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Anak Di Kepolisian Resort Kupang Kota

Detail Cantuman

Skripsi

Prosedur Penyelesaian Pelanggaran Lalu Lintas Dan Implementasi Sanksi Pengganti Denda Dalam Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Anak Di Kepolisian Resort Kupang Kota

XML

Pelanggaran lalu lintas yang disebabkan oleh anak di Kota Kupang masih tergolong tinggi sehingga membutuhkan perhatian khusus. Polisi menjadi benteng utama dalam menaggulangi hal ini. Prosedur penyelesaian yang tepat dan implementasi sanksi yang memberikan efek jera diperlukan untuk menekan pelanggaran lalu lintas yang disebabkan oleh anak. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah prosedur penyelesaian pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak di wilayah Kepolisian Kupang Kota? (2) Bagaimanakah implementasi sanksi pengganti denda dalam penanggulangan pelanggaran lalu lintas oleh anak di wilayah Kepolisian Resort Kupang Kota?
Penelitian ini merupakan metode penelitian yuridis empiris, yaitu penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Untuk mengetahui dan mengkaji prosedur penyelesaian tindak pidana pelangaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak (2) Untuk mengetahui dan mengkaji implementasi sanksi pengganti denda dalam penanggulangan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak. Implementasi sanksi pengganti denda dalam penanggulangan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak tidak cukup efesien karena proses sidang terhadap pelanggaran tersebut terkesan dianggap sepele oleh masyarakat setempat karena terdakwa dapat menunjuk seseorang dengan surat kuasa untuk mewakilinya.
Prosedur penyelesaian pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak di wilayah Kepolisian Resort Kupang Kota, pada dasarnya telah dilakukan dengan baik sesuai prosedur hukum, yakni mengacu pada ketentuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Mahkama Agung Nomor 12 Tahun 2016, yakni setiap pelanggaran lalu lintas yang diperiksa menurut acara pemeriksaan cepat dapat dikenai pidana denda sesuai ketetapan pengadilan, tetapi prosedur yang dilakukan belum cukup membantu mengurangi persoalaan pelanggaran lalu lintas.
Kata kunci : Tindak Pelanggaran lalu lintas, anak, pidana denda


Detail Information

Item Type
Penulis
ADITYA REZA PRAMUDYA - Personal Name
Student ID
1702010274
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aksi Sinurat - 196110161988031005 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 PRA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA