Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pembuatan E-KTP Di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pembuatan E-KTP Di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Latar Belakang dari penelitian ini Bagaimana mulai lemahnya nilai Demokrasi yang ada Dalam Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Managgarai Timur dan dimana Dinas mendapatkan citra buruk dari masyarakat hal ini disebabkan oleh maraknya praktek Patologi Birokrasi yang dilakukan oleh para aparat birokrasi dalam proses pelayanan pembuatan E-KTP, terdapat bentuk Patalogi yang kerap kali muncul yakni pelayanan yang berbeli-belit, memakan waktu, kualitas pelayanan yang kurang baik dan Nepotisme,Adapun penyebab dari kerap kalinya muncul Patologi Birokrasi ini,yakni adanya ketidakjelasan pemberitahuan tentang syarat pembuatan E-KTP, serta tidak adanya kejelasan waktu penyelesaian sehingga terkesan oleh masyarakat memakan waktu yang lama serta dalam bentuk pelayanan yang dinilai kurang berkualitas kurang atau minimnya daya tanggap dari aparat birokrasi yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur, dalam memproses keluhan masyarakat.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang dimana deskriptif ini menekankan pada data berupa kata-kata, gambar, pengambilan sumber data atau sempel pada penelitian ini dilakukan secara purposive yang dimana individu sudah dengan pertimbangan siap untuk dimintai keterangan yang berkaitan dengan judul peneliti. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mengetahui faktor penyebab terjadinya Patalogi Birokrasi dalam Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa , bentuk patalogi birokrasi yang berkaitan dengan penyalagunaan wewenang oleh administrator publik, masih ditemukan tindakan politik nepotisme atau diskriminasi melalui perbedaan pelayanan atau perlakuan yang dilakukan terhadap masyarakat (keluarga dan bukan keluarga). Lalu kemudian patalogi yang berkaitan dengan pelayanan pembuatan E-KTP ditemukan waktu pelayanan yang tidak ditentukan hal ini disebabkan oleh permasalahan internal dalam Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur, seperti kehsbisan blangko yang disebabkan juga oleh lambatnya distribusi blangko dari pihak pemerintah pusat atau rusaknya alat cetak.

Kata Kunci = Patalogi Birokrasi, Pelayanan Pembuatan E-KTP


Detail Information

Item Type
Penulis
YOHANES NEKE SEDU - Personal Name
Student ID
1703040058
Dosen Pembimbing
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 1
Diana S. A. N Tabun - 9900007825 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 SED P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA