PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT VS EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT VS EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 KUPANG

XML

ABSTRAK
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGTdan Kelas Kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 di SMA Negeri 2 Kota Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hopotesis yang digunakan adalah H_O = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGTdan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang dan H_a = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGTdan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe TGTdan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Kooperatif Tipe TGT sebesar 81,81 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model Ekspositori memiliki nilai rata-rata sebesar 75,83. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05.

Kata Kunci : Pengaruh, Model,Kooperatif Tipe TGT, Ekspositori, Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601090053
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. H. Djakariah, M.Pd - 196612051991031002 - Ketua Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 GUR
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA