Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN PULAU ENDE
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan bahwa selama ini pembelajaran Sejarah di SMAN Pulau Ende merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam pembelajaran, selain strategi yang digunakan masih bersifat konvensional, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan interaktif, hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukannya tindakan. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran CIRC. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kurang dikemasnya pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran yang menyenangka hasil belajar siswa rendah. Untuk itu perlu adanya model yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa sehingga hasil belajar meningkat. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran CIRC. Penerapan model pembelajaran Cooperatife Integrated Reading and Composition dengan langkah-langkah CIRC (1) membentuk kelompok heterogen yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang. (2) guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran. (3) siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping yang ditulis pada lembar kertas. (4) perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok. (5) guru memberikan penguatan (reinforcement). (6) guru dan siswa membuat kesimpulan bersama. Pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar sejarah di SMAN Pulau Ende baik pada siklus I maupun siklus II. Setelah melakukan penelitian dengan penerapan model CIRC hasil belajar yang diperoleh siswa menunjukan pada siklus I sebanyak 19 orang (57,57%) tuntas dan 14 orang (42,42%) tidak tuntas dan pada siklus II sebanyak 30 orang (90,90%) tuntas dan 3 orang (9,09%) tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi aktivitas menunjukan bahwa siklus I nilai observasi aktivitas siswa mencapai 61% dan nilai observasi aktivitas guru mencapai 72.72. Siklus II nilai observasi aktivitas siswa mencapai 77% dan nilai observasi aktivitas guru mencapai 92.72%.
Kata Kunci: Sejarah; Pembelajara; Model CIRC; Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
NENENG HULIAH - Personal Name
|
Student ID |
1601090068
|
Dosen Pembimbing |
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1 I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 IAH
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |