PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SMALL GROUP DISCUSSION DI KELAS XI IPS 2 SMAK SINT CAROLUS KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SMALL GROUP DISCUSSION DI KELAS XI IPS 2 SMAK SINT CAROLUS KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah khususnya materi Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa eropa Di Nusantara dengan menggunakan Model Small Group Discussion. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilaksanakan dalam beberapa siklus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAK Sint Carolus Kupang yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan langsung di kelas X IPS 2, (2) Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Small Group Discussion, (3) Dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai nama siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Small Group Discussion, peserta didik menjadi lebih aktif, serta tidak akan merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik karena saat peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil, peserta didik mampu memecahkan masalah secara bersama-sama dan mampu membagi hasil pemikirannya sendiri kepada peserta didik lainnya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik, yakni pada siklus I terdapat 13 orang atau 72% peserta didik yang tuntas dengan skor 78,8. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan dimana 16 peserta didik yang tuntas atau 88,1% dengan skor 82,2. Hal ini melebihi dari target yaitu 80% dari total keseluruhan peserta didik di kelas XI IPS 2 sebanyak 18 orang.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Sejarah, Model, Small Group Discussion


Detail Information

Item Type
Penulis
ANTONIUS L.A SANDUR - Personal Name
Student ID
1801090026
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 DUR
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA