KUALITAS PELAYANAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) (Studi pada Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana)

Detail Cantuman

Tesis

KUALITAS PELAYANAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) (Studi pada Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana)

XML

Badan Layanan Umum (BLU) adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Universitas Nusa Cendana memasuki usia ke-55 mengalami suatu transformasi dari perguruan tinggi yang berstatus Satker menjadi perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 166/MKM.05/2017 tentang Penetapan Universitas Nusa Cendana pada Kemenristekdikti Sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLU Tanggal 3 Maret 2017. Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak opini dan perbincangan di kalangan civitas akademika tentang kualitas yang sama antara Undana sebagai BLU dan Undana sebagai Satker. Dimana beberapa dosen, mahasiswa maupun pegawai masih merasakan Undana belum siap menjadi BLU sebab mereka mengatakan belum ada perubahan yang bersifat layanan umum yang baik, seperti mahasiswa merasakan dalam mengakses registrasi masih sulit dan ribet, maupun dalam mengakses siakad undana dimana mereka ketika regis harus menunggu konfirmasi yang lama agar bisa mengakses siakad, mahasiswa pun merasakan fasilitas masih kurang, bagi dosen dalam BLU fasilitas menagajar maupun dalam menunjang mengajar belum banyak perubahan, dosen pun mengatakan hampir sama seperti satker, Bagi dosen dalam mengakses data pengajaran maupun data singkronkan ke pada kementrian masih sangat ribet dan lama prosesnya. dalam proses belajar mengajar yang menggunakan E-learning seringkali bermasalah atau erornya E-learning. Hal tersebut cukup mempengaruhi pelayanan yang baik, penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis tentang Kualitas Layanan pembelajaran pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana menurut Parasuraman, VA Zeithaml, L Berry, 1988. Dalam penelitian ini terdapat 39 informan dan dilaksanakan selama 1 bulan pada fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan program studi ekonomi, sejarah dan geogerafi.
Hasil dan Temuan : Masih ada sebagian dosen yang belum paham akan penggunaan media bantu seperti media online dan electronic, serta melaksanakan proses pembelajaran sesuai kontrak kuliah yang sudah disepakati awal perkuliahan dan paling penting bagaimana alur pembelajaran yang jelas dan dosen yang mengajar matakuliah sesuai dengan keilmuannya. Materi atau referensi yang belum mengikuti perkembangan atau masih secara monoton, masih kurangnya kesetaraan pelayanan antara mahasiswa yang diberikan oleh dosen, dan waktu perkuliahan yang telah di tentukan tidak sesuai dengan kenyataan yang di alami selama proses perkuliahan. Serta Fasilitas penunjang perkuliahan yang belum lengkap dan kurang bersihnya ruang perkuliahan serta tidak tertata rapi ruang perkuliahan, prasarana yang belum memadai dan kadang tidak mendukung proses perkuliahan seperti jaringan internet yang eror. Dan seperti media pendukung (E-leraning dan lainnya) yang sering mengalami eror ketika ingin menggunakan untuk mengajar. Untuk mahasiswa kedepannya untuk lebih sering berinteraksi dengan dosen ataupun koordinator program studi ketika mengalami masalah atapun kendala dalam bentuk akademik ataupun non akademik, agar dapat memberikan solusi bagi mahasiswa dalam mengambil keputusan yang baik dan benar
Rekomendasi yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu Untuk dosen ke depannya meningkatkan lagi perubahan pembelajaran sesuai perkembangan terbaru, lebih mengutamakan kepentingan mahasiswa sebagai pemberi layanan dan menjadi mentor dalam membimbing mahasiswa dengan baik.Untuk fakultas dan universitas kedepannya lebih meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen, serta untuk kepentingan layanan secara umum, diharapkan juga meningkatkan daya Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat memberikan layanan yang terbaik melaui pelatihan, sosialisasi ataupun mendukung dosen dalam mengambil studi lanjutan.

Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Badan Layanan Umum, Pembelajaran, Dimensi Layanan


Detail Information

Item Type
Penulis
JULIO ARDILO BENU - Personal Name
Student ID
1811020011
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 ENU K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA