PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten kupang. Penelitian ini juga menjelaskan pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi ada pun Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan alat analisis triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah Peran BUMDes di Desa Nunsaen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni, pemerintah Menyediakan modal atau peluang Kerja dan menciptakan unit usaha bagi masyarakat dengan tujuan mensejahterakan Masyarakat Desa, meningkatkan perekonomian Desa, menggerakan perekonomian masyarakat, membantu dalam mengolah potensi Desa, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam Penelitian ini dapat diketahui sesuai hasil wawancara yang didapatkan dari narasumber mengatakan bahwa pengelolaan BUMDes di desa Nunsaen sudah di terapkan sesuai dengan prinsip kooperatif, partisipatif, transparan dan akuntabel. Namun pada kenyataan yang dapat diamati melalui hasil observasi dari peneliti terhadap pengelolaan BUMDes yang telah dijalankan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang sudah diterapkan yakni prinsip kooperatif, partisipatif, trasparan dan akutabel yang belum sepenuhnya belum berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Peran (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang)


Detail Information

Item Type
Penulis
DEBY TAPATAB - Personal Name
Student ID
1610010063
Dosen Pembimbing
NIKSON TAMENO - 197301012006041001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Nikson Tameno - 197301012006041001 - Ketua Penguji
Aldarine Molidya - 198702282019032008 - Penguji 1
Marselina Ratu - 197903262008122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
60201
Edisi
Published
Departement
EKONOMI PEMBANGUNAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
602.01 TAP P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA