Kajian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

XML

Model pembelajaran treffinger merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir kreatif dalam penyelesaian masalah dengan melihat fakta-fakta yang ada di lingkungan sekitar, membantu siswa untuk menguasai konsep kemudian memunculkan gagasan baru dan memilih solusi yang tepat untuk diterapkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengkaji model pembelajaran kooperatif tipe treffinger untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan menggunakan instrumen penelitian chek list. Adapun beberapa hal yang dikaji peneliti dalam penelitian ini, yaitu karakteristik model pembelajaran treffinger, sintaks model pembelajaran treffinger dan pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengkajian dilakukan melalui analisis isi. Data yang diperoleh berupa jurnal/skripsi/sumber yang relevan dengan penelitian ini diolah dengan tahap editing, organizing, dan penemuan hasil. Berdasarkan hasil pengkajian yang telah dilakukan oleh peneliti, ditemukan pada kesepuluh jurnal yang diteliti mrmiliki karakteristik model pembelajaran treffinger yang hampir sama, perbedaannya terletak pada dampak dari karakteristik tersebut. Model pembelajaran treffinger pada setiap jurnal memiliki sintaks yang jelas yaitu terdiri dari basic tools, practice with process dan working with real problems, baik itu diterapkan secara langsung maupun dipadukan dengan alternatif lain. Masing-masing sumber yang dikaji memiliki keunggulan tanpa terlepas dari sintaks yang sudah ditetapkan secara eksplisit. Kemudian semua sumber yang di kaji diperoleh dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa melalui pembelajaran treffinger.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger, Kemampuan pemecahan masalah fisika


Detail Information

Item Type
Penulis
Jessica Amelia Lapuisaly - Personal Name
Student ID
1701050049
Dosen Pembimbing
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
HERRY FRIDOLIN LALUS - 198812202018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Lap F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA