Kapasitas Pemerintah Desa Dalam Penyediaan Data Dan Informasi Desa (Studi Kasus Pengisian Profil Desa Di Desa Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Kapasitas Pemerintah Desa Dalam Penyediaan Data Dan Informasi Desa (Studi Kasus Pengisian Profil Desa Di Desa Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Profil Desa dan Kapasitas Pegawai dalam menyediakan Data dan Informasi Desa (Studi Kasus Pengisian Profil Desa di Desa Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Petugas Multi Media dam Masyarakat pengguna data. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan tringulasi data. Dalam menganalisis masalah peneliti mendesign berdasarkan pendapat Mark Mosley, Sutabri, wang dan strong, soeprapto. Fokus penelitian ini 1. Profil Desa fokusnya 1. Kelengkapan Data/Informasi, 2. Validitas data, 3. Ketepatan Waktu, dan 2. Kapasitas Pegawai subfokus terdiri dari 1. Pengetahuan, 2. Keterampilan, 3. Waktu, 4. Kemauan. Hasil penelitian ini yaitu pada Profil Desa menunjukkan bahwa 1. Kelengkapan data/Informasi pada Desa Baumata Barat hanya terisi 5 data/Informasi pada Profil Desa di website Baumata barat, 2. Validitas Data Diperoleh dari masyarakat Baumata barat sendiri, 3. Ketepatan Waktu masih kurang dilihat belum adanya Data/Informasi lainnya padaProfil desa di Website baumata Barat. Pada Kapasitas pegawai menunjukkan bahwa 1. Pengetahuan, pengetahuan pegawai akan pengisian Profil Desa diukur pada pendidikan dan pengalaman pegawai. 2. Keterampilan belum cukup dalam pengoperasian komputer, 3. Waktu pegawai dalam pengisian Profil desa terkendala akan biaya sehingga belum dibentuknya tim pokja dan melakukan pendataan ulang, 4. Kemauan pegawai dalam pengisian profil desa ada namun terkendala dengan biaya. Saran yang diiangkat dalam penelitian ini adalah Sebaiknya perangkat desa juga diberikan pelatihan-pelatihan dalam pengoperasian komputer tidak hanya memberikan pelatihan seperti sosialisasi. Sebaiknya kesalahan-kesalahan yang terdapat pada Profil Desa pada website segerat diperbaiki seperti memberikan pembeda data dan informasi pertahun sehingga bisa dilihat ketepatan waktunya, Informasi-informasi yang belum diinput sebaiknya disegerakan agar kelengkapan data dan informasi pada profil desa bisa lengkap.

Kata kunci : Pemerintah Desa, Profil Desa, Data/Informasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SELMI SUCIANA - Personal Name
Student ID
1803010126
Dosen Pembimbing
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1
Yaherlof Foeh - 196205251989012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 SUC K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA