Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Dinas Perhubungan Kota Kupang Dalam Pengawasan Penertiban Terminal Bayangan Oesapa Dan Sikumana Kota Kupang Ditinjau Dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Dinas Perhubungan Kota Kupang Dalam Pengawasan Penertiban Terminal Bayangan Oesapa Dan Sikumana Kota Kupang Ditinjau Dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan

XML

Indonesia sebagai negara berkembang terutama dalam bidang ekonomi saat ini, kota-kota di Indonesia sedang menghadapi masalah transportasi darat seperti kemacetan yang tidak kunjung selesai. Tidak berfungsinya angkutan umum perkotaan sebagaimana mestinya menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan, khususnya yang terjadi di Kota Kupang. Maraknya terminal bayanga di Kota Kupang merupakan persoalan pelayanan public yang menjadi tugas pemerintah daerah Kota Kupang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Sejauhmanakah pelaksanaan tugas dan wewenang Dinas Perhubungan Kota Kupang dalam menertibkan terminal bayangan Oesapa dan Sikumana Kota Kupang ditinjau dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2015? (2) Apakah faktor yang menghambat pelaksanaan tugas dan wewenang Dinas Perhubungan Kota Kupang dalam menertibkan terminal bayangan Oesapa dan Sikumana Kota Kupang ditinjau dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2015?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang berlokasi di terminal bayangan Oesapa dan Sikumana Kota Kupang sedangkan responden dalam penelitian yaitu Dinas Perhubungan Kota Kupang serta masyarakat pelaku terminal bayangan yaitu sopir, penumpang serta pemilik angkutan umum.dengan data yang bersumber data primer dan sekunder untuk dianalisis menggunakan proses editing, coding dan analisis data.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (a) Monitoring yang telah dilakukan namun hingga saat ini terminal bayangan masih ada. (b) Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur tahapan pengawasan dan penertiban terminal bayangan efektif dikarenakan pelaporan hasil pengawasan didasarkan pada laporan lisan tidak ada laporan tertulis sehingga tindakan penilaian atau evaluasi tidak berjalan dengan baik. (c) Rekomendasi atau langkah perbaikan yang diambil oleh Dinas Perhubungan belumlah terlaksana dengan baik karena lemahnya penerapan sanksi belum mampu memberikan efek jera bagi masyarakat pelaku terminal bayangan serta pemberian fasilitas dan pengawasan masih dalam tahap perencanaan belum ada pelaksaanannya sedangkan faktor yang menghambat yaitu rendahnya kesadaran hukum dari sopir dan penumpang pelaku terminal bayangan serta keterbatasan personil dinas perhubungan dan juga waktu dalam melakukan pengawasan dan penertiban terminal bayangan.
Saran peneliti terhadap hasil penelitian ini adalah perlu adanya penambahan personil seksi pengawasan dari dinas perhubungan dan perlu meningkatkan intensitas sanksi tegas bagi masyarakat pelaku terminal bayangan serta sosialisasi hukum.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Tugas dan Wewenang, Faktor penghambat, Terminal bayangan, Penertiban, Dinas Perhubungan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1802010360
Dosen Pembimbing
YOSEF MARIO MONTEIRO - 19750520 200604 1 001 - Dosen Pembimbing 1
HERMINUS RATU UDJU - 19610428198901001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
YOSEF M. MONTEIRO - - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 1
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 JUL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA