Laporan Penelitian
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Komunikasi Matematis Dan Disposisi Self-Directed Learning Mahasiswa
XMLDalam mempelajari matematika dibutuhkan kemampuan-kemampuan seperti berpikir logis, kritis, kreatif, dan komunikasi matematis. Hal ini dipertegas dalam National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 2000) bahwa dalam pembelajaran matematika terdapat empat kemampuan matematis yang harus dicapai oleh peserta didik yaitu penalaran matematis, koneksi matematika, pemecahan masalah matematis, dan komunikasi matematis. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis dan komunikasi matematis mahasiswa/siswa masih berada pada kategori rendah atau sedang. (Tandiling, 2011; Sufyani, 2012; Setiawati, 2014; Rohaeti, 2014). Salah satu strategi pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan ini adalah strategi metakognitif. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang:
(a) sesuai dengan karakteristik strategi metakognitif; (b) dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis; (c) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahassiwa; (d) meningkatkan disposisi self-directed learning mahasiswa.
Draft awal bahan ajar dan draft awal instrumen berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan self-directed learning yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar, serta diujicobakan pada kelompok terbatas (smahaiswa Program Studi Pendidikan Matematika) sampai diperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik, sesuai dengan karakteristik metakognitif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan disposisi self-directed learning. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid, dan instrumen kemampuan berpikir logis, komunikasi matematis dan disposisi self- directed learning yang dikembangkan juga memenuhi kriteria valid dan reliabel. Selain itu bahan ajar yang telah dikembangkan berdampak positif dan berpotensi terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan disposisi self-directed learning mahasiswa.
Kata Kunci: Strategi metakognitif, Berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan self-directed learning
Detail Information
Item Type |
Laporan Penelitian
|
---|---|
Penulis |
Maria Agustina Kleden - Personal Name
|
Student ID |
196801131993032001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
44201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2015 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
442.01
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |