Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Komunikasi Matematis Dan Disposisi Self-Directed Learning Mahasiswa

Detail Cantuman

Laporan Penelitian

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Komunikasi Matematis Dan Disposisi Self-Directed Learning Mahasiswa

XML

Dalam mempelajari matematika dibutuhkan kemampuan-kemampuan seperti berpikir logis, kritis, kreatif, dan komunikasi matematis. Hal ini dipertegas dalam National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 2000) bahwa dalam pembelajaran matematika terdapat empat kemampuan matematis yang harus dicapai oleh peserta didik yaitu penalaran matematis, koneksi matematika, pemecahan masalah matematis, dan komunikasi matematis. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis dan komunikasi matematis mahasiswa/siswa masih berada pada kategori rendah atau sedang. (Tandiling, 2011; Sufyani, 2012; Setiawati, 2014; Rohaeti, 2014). Salah satu strategi pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan ini adalah strategi metakognitif. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang:
(a) sesuai dengan karakteristik strategi metakognitif; (b) dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis; (c) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahassiwa; (d) meningkatkan disposisi self-directed learning mahasiswa.
Draft awal bahan ajar dan draft awal instrumen berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan self-directed learning yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar, serta diujicobakan pada kelompok terbatas (smahaiswa Program Studi Pendidikan Matematika) sampai diperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik, sesuai dengan karakteristik metakognitif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan disposisi self-directed learning. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid, dan instrumen kemampuan berpikir logis, komunikasi matematis dan disposisi self- directed learning yang dikembangkan juga memenuhi kriteria valid dan reliabel. Selain itu bahan ajar yang telah dikembangkan berdampak positif dan berpotensi terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan disposisi self-directed learning mahasiswa.

Kata Kunci: Strategi metakognitif, Berpikir logis matematis, komunikasi matematis dan self-directed learning


Detail Information

Item Type
Laporan Penelitian
Penulis
Maria Agustina Kleden - Personal Name
Student ID
196801131993032001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA