Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya Kelas IV SD Negeri 1 Naioni Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya Kelas IV SD Negeri 1 Naioni Kupang

XML

Masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-Experimental Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang dengan jumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel total/sensus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Naioni Kupang. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning mencapai 85,00 lebih tinggi dari pada nilai sebelum menerapkan model discovery learning pada pembelajaran yang hanya mencapai 53,75 pengujian hipotesis dengan bantuan spss versi 20 dilakukan dengan uji t yaitu paired sampel T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05. Dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternative H1 diterima dan H0 ditolak, H1 diterima artinya ada pengaruh model discovery learning yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPAS saat sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuniati Puay - Personal Name
Student ID
1901140013
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Sofia G.Un Lala - - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pua P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA