Skripsi
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya Kelas IV SD Negeri 1 Naioni Kupang
XMLMasalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-Experimental Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang dengan jumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel total/sensus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Naioni Kupang. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning mencapai 85,00 lebih tinggi dari pada nilai sebelum menerapkan model discovery learning pada pembelajaran yang hanya mencapai 53,75 pengujian hipotesis dengan bantuan spss versi 20 dilakukan dengan uji t yaitu paired sampel T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05. Dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternative H1 diterima dan H0 ditolak, H1 diterima artinya ada pengaruh model discovery learning yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPAS saat sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yuniati Puay - Personal Name
|
Student ID |
1901140013
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Sofia G.Un Lala - - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Pua P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |