Skripsi
Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Merangsang Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri Kapan
XMLPenelitian Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Merangsang Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri Kapan, bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Pengembangan difokuskan pada materi sistem gerak pada manusia, sebagai sumber belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dalam merangsang kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia di kelas XI SMA Negeri Kapan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri Kapan. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi produk, angket respon guru, respon peserta didik dan lembar soal pretest-posttest. LKPD divalidasi oleh 6 ahli yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli soal berpikir kritis sedangkan untuk respon guru dan peserta didik akan dinilai oleh 2 orang guru biologi dan peserta didik SMA Negeri Kapan yaitu ujicoba kelompok kecil 10 orang dan ujicoba kelompok besar 24 orang peserta didik. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing sangat valid dengan nilai rata-rata 3,7 untuk materi yang disajikan, 3,75 untuk media yang disajikan dan 86,11% untuk soal yang disajikan. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing ini yaitu ujicoba kelompok kecil termasuk kategori “sangat baik” dengan presentase 80,62% dan 93% dan ujicoba kelompok besar termasuk kategori “sangat baik” dengan presentase 90% dan 93,48%. Berdasarkan penilaian ujicoba kelompok besar menunjukan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing ini dapat berpengaruh baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan presentase dari 47,16% menjadi 84,16% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi sistem gerak pada manusia kelas XI SMA Negeri Kapan layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Materi sistem gerak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TEODORA PAY - Personal Name
|
Student ID |
1801040047
|
Dosen Pembimbing |
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Hikmah - 196104091988031002 - Penguji 1 Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.03 PAY P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |