DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI KOS DI DESA PENFUI TIMUR KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI KOS DI DESA PENFUI TIMUR KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG

XML

Mahasiswa merupakan tulang punggung Bangsa dan Negara di masa depan, tentunya harus mempersiapkan diri dari berbagai bidang, salah satunya dari segi kemampuan untuk mampu bersaing di era digital saat ini. Namun, di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan teknologi dengan bijak, terutama dalam hal game online. Banyak mahasiswa di kota kupang khususnya mahasiswa di kos-kosan di Desa Penfui Timur, sangat gemar bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari bermain game online bagi mahasiswa yang tinggal di Kos di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 5 orang yang terdiri dari empat pria dan satu wanita yang gemar bermain game online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis tematik manual, dan uji keabsahan datanya menggunakan tringulasi metode, audit trail dan member chek. Berdasarkan hasil peneliti yang dilakukan peneliti, bahwa Yang menjadi dampak positif ialah dengan adanya game online, menambah pengetahuan, dan membuat mahasiswa menjadi terhibur saat ada masalah sehingga meningkatkan kosentrasi dengan apa yang mau dikerjakan. Yang menjadi dampak negatif bagi mahasiswa kos-kosan ialah, membuat kesehatan sangatlah terganggu, seperti membuat berat badan menurun, memiliki asam lambung, dan paru-paru basa, sering mengeluarkan kata-kata kotor, membuat motivasi belajar menurun menjadi pribadi yang lebih aktif bersosisalisasi, memiliki sikap simpati, dan bekerja sama. Tetapi, Sikap yang dimaksud ialah bersosialisasi dengan tim bermain mereka saja, kerjasama dalam memenangkan permainan dan simpati dalam membantu teman untuk memenangkan permainan. Namun berbanding terbalik di kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci Game Online dan Mahasiswa
Daftar Pustaka : 51 (2003-2020)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Valensiana Lela Londa - Personal Name
Student ID
1807020004
Dosen Pembimbing
YENI DAMAYANTI - 198206182014042001 - Dosen Pembimbing 1
MARSELINO K. P. ABDI KERAF - 197609112008121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yeni Damayanti - 198206182014042001 - Ketua Penguji
Marselino K. P. Abdi Keraf - 197609112008121004 - Penguji 1
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
732.01 Dam D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA