Pola Interaksi Antar Mahasiswa Asal Manggarai Dan Flores Timur (Studi Kasus Mahasiswa Di Rt 12 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Interaksi Antar Mahasiswa Asal Manggarai Dan Flores Timur (Studi Kasus Mahasiswa Di Rt 12 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pola interaksi sosial antar mahasiswa asal Manggarai dan Flores Timur. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pada informan di lapangan yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran tentang pola interaksi mahasiswa dengan latar belakang etnis yang berbeda. Penentuan informan secara purposive sampling yaitu atas dasar penelitian bahwa para informan mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti, informan dalam penelitian ini ada 10 orang, terdiri dari 5 orang mahasiswa etnis Manggarai dan 5 orang mahasiswa etnis Flores Timur. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dengan informan serta studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam pisau analisis yaitu teori interaksi sosial dari George Simmel. Teori interaksi sosial melihat bahwa interaksi dapat timbul karena adanya kepentingan dan dorongan tertentu. Menurut Simmel masyarakat terbentuk karena adanya interaksi bukan adanya kelompok yang hanya diam. Hasil menunjukan bahwa dalam interaksi sosial antar mahasiswa adanya penelompokan antar sesama etnis. Adanya perasaan asing dalam diri ketika berada dalam kelompok etnis lain, menjadikan bahasa daerah sebagai media komunikasi, lebih merasa nyaman dengan sesama etnis karena beranggapan bahwa dari etnis yang sama akan lebih mudah berkomunikasi dan saling mengerti. Persaingan yang terjadi antara etnis mahasiswa itu bukan dengan kekerasan fisik melainkan perbedaan pendapat dan adanya sikap etnosentrisme. Pola interaksi yang terbentuk dalam kehidupan mahasiswa ini yakni, antara teman kos, ketika ada yang mengadakan hajatan, pemberi bantuan dan penerima bantuan, dan pola yang terakhit adalah penjual dan pembeli. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu bagi mahasiswa diharapkan menanamkan rasa toleransi dan sikap saling menghargai setiap etnis. Mahasiswa tidak boleh individualis harus belajar hidup berkelompok dengan mahasiswa etnis lain supaya bisa saling membantu. Seharusnya melalui mahasiswa sebagai kaum berilmiah untuk lebih banyak mensosialisasikan diri dalam berbagai wadah-wadah komunitas antar etnis demi menghasilkan pola interaksi yang baik antar etnis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA FRANSISCA - Personal Name
Student ID
1803030100
Dosen Pembimbing
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Fra P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA