Skripsi
Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Pendapatan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Pada Usaha Kios Sembako RT 16 RW 08 Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan)
XMLPokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya pandemi covid-19 yang membatasi segala ruang gerak masyarakat dimulai dari harus bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ibadah dari rumah bahkan terdapat banyak karyawan yang harus di PHK akibat corona dan tentunya sangat berpengaruh pada pendapatan kios sembako. Setiap bidang terkena dampak dari covid-19 ini baik politik, sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain. Dalam bidang ekonomi salah satunya adalah UMKM kios sembako yang mengalami pasang surut penjualan sepanjang masa pandemi covid-19. Untuk itu diperlukan strategi pemilik UMKM kios sembako untuk meningkatkan pendapatan usaha pasca pandemi Covid-19 di RT 16, RW 08, Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh pelaku UMKM (kios sembako) dalam meningkatkan pendapatan usaha pasca pandemi Covid-19 di RT 16, RW 08, Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dalam Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran. Dalam teori ini terdapat bauran pemasaran 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence dan Placement yang dimana penelitian ini menjadikan teori bauran pemasaran sebagai analisis penelitian dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah informan 11 orang terdiri dari 9 pemilik kios sembako dan 2 orang lainnya yaitu Kepala Desa dan Sekretaris Desa Oinlasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penjualan kios sembako sepanjang masa pandemi ini ternyata mengalami pasang surut. Untuk itu pemilik usaha kios sembako memerlukan strategi. Setiap strategi pemilik kios sembako diklasifikasikan berdasarkan bauran pemasaran 7P, yaitu yang termasuk dalam bauran pemasaran People adalah strategi Memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen, Manajemen keuangan kios yang baik, Memeriksa barang yang kadaluarsa, Memperbanyak jenis dan stok barang, Menambah varian atau jenis barang baru. Selanjutnya strategi yang termasuk dalam bauran pemasaran Promotion adalah Memasarkan kios sembako lewat Whatsapp, dan Memberikan promo yang menarik. Untuk bauran pemasaran Produk adalah Memperbanyak stok barang, Menambah varian barang baru, dan Mmemeriksa barang kadaluarsa. Selanjutnya strategi yang termasuk dalam bauran pemasaran Price atau harga adalah Cari pemasok atau supplier yang murah. Strategi yang terakhir adalah Place atau tempat yaitu letak kios sembako yang strategis, Physical Evidence membagikan brosur iklan kios, dan yang terakhir adalah Placement distribusi barang-barang kios sembako. Tentunya setiap strategi ini dilakukan oleh masing-masing pemilik kios sembako untuk meningkatkan pendapatan usaha pasca pandemi covid-19.
Kata Kunci: Strategi, Pendapatan, Covid-19
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Stephanie Alfida Tefa - Personal Name
|
Student ID |
1903030007
|
Dosen Pembimbing |
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1 Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Tef S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |