PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KAKAO DI KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR STUDI KASUS (DESA RUKU RAMBA)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KAKAO DI KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR STUDI KASUS (DESA RUKU RAMBA)

XML

ABSTRAK
Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan bahan baku utama dalam industry coklat di Indoesia yang bernilai ekonomi tinggi. Usaha tanaman kakao di NTT sudah meluas hampir keseluruh kabupaten. Faktor modal dalam usaha tani dapat diklasifikasikan sebagai bentuk kekayaan, baik berupa uang maupun barang yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suatu proses produksi. Demikian juga halnya dengan factor tenaga kerja, besar kecilnya tenaga kerja yang dipakai oleh suatu usaha pertanian, akan sangat tergantung pada luas lahan dan tersedianya modal. Disamping itu, factor social seperti umur, tingkat pendidikan petani, lamanya berusaha tani, jumlah tanggungan keluarga, luas usaha tani, tenaga kerja dan modal dikalangan setiap petani berbeda. Informasi menyangkut pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani dalam usaha tani kakao belum banyak tersedia, terutama yang berkaitan dengan produktifitas kakao di Kabupaten Ende. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan November 2022 berlokasi di Desa Ruku Ramba, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende yang bertujuan untuk mengetahui besar pendapatan petani kakao dan mengidentifikasi faktor sosial ekonomi apa saja yang mempengaruhi pendapatan petani kakao. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Teori yang di gunakan adalah teori Ilmu Usaha tani.Ilmu usaha tani diartikan sebagai ilmu yang mmpelajari bagaimana seseorang mengalokasikan sumber daya yang ada secara efektif dan efesien yang didalamnya mempelajari teori penerimaan, teori biaya, teori pendapatan dan faktor sosial ekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, analisis uji F, uji asumsi autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji asumsi multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan petani rata-rata petani yang mengusahakan tanaman kakao di Desa Ruku Ramba adalah sebesar Rp.3.851.043/ha. Hasil dari penelitian koefesien regresi bernilai positif diperoleh Adjusted R square sebesar 80,7% hal ini berarti mengidentifikasi bahwa secara simultan (serempak) ada pengauh yang nyata antara luas lahan, umur, tingkat pendidikan, pengalam berusahatani, biaya produksi dan tenaga kerja terhadap tingkat pendapatan petani kakao di Desa Ruku Ramba Kecamatan Ende Kabupaten Ende.
Kata Kunci : Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi, Pendapatan, Petani Kakao


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EKA RUKYATI TANGGULABA - Personal Name
Student ID
1904020134
Dosen Pembimbing
MAX JUNUS KAPA - 196406201990091001 - Dosen Pembimbing 1
Selfius P. N. Nainiti - 19621231 198601 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maximilian M.J. Kapa - 19580714 198403 1 003 - Ketua Penguji
Selfius P N Nainiti - 196112301986011001 - Penguji 1
Santhy Chamdra, - 8831080018 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
AGRIBISNIS
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 TAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA