PERAN FRONT STAGE DALAM TAMPILAN INSTAGRAM MAHASISWA PRODI SOSIOLOGI (Studi Kasus di Mahasiswa Prodi Sosiologi Undana 2018, D)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN FRONT STAGE DALAM TAMPILAN INSTAGRAM MAHASISWA PRODI SOSIOLOGI (Studi Kasus di Mahasiswa Prodi Sosiologi Undana 2018, D)

XML

Instagram adalah bagian dari media interaksi visual yang dapat membangun citra seseorang, seseorang biasanya menggunakan fitur atau efek dan filter yang ada dalam instgram untuk mengekspresikan diri mereka termasuk apa yang mereka rasakan dan yang mereka lalukan. Oleh karena itu peneliti ingin membuat penelitian yang berjudul “ Peran front stage dalam Tampilan Instagram Mahasiswa Prodi Sosiologi”( studi kasus: Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang ).Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Front Stage yang ditampilkan pada media sosial instagram oleh mahasiswa Prodi Sosiologi Fisip Undana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis front stage yang ditampilkan pada media instagram oleh mahasiswa prodi Sosiologi Fisip Undana. Peneliti menggunakan Teori Simulacra oleh Jean Baudrillard. Dalam Simulacra masyarakat kontemporer dibawa kepada realitas virtual, fenomena seperti ini menjadi budaya konsumsi citra yang ditawarkan oleh media massa, masyarakat digiring pada kenyataan realitas yang palsu yang diciptakan oleh simulasi, realitas yang bukan keadaan sebenarnya yang kemudian dicitrakan dalam bentuk realitas yang mendeterminasi kesadaran masyarakat. Subyek penelitian tentang peran front stage dalam tampilan instagram mahasiswa prodi sosiologi adalah mahasiswa sosiologi undana angkatan 2018, kelas D. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah survei, wawancara mendalam, serta studi pustaka. Hasil penelitian Adapun sebanyak 10 informan yang berhasil ditemui oleh peneliti mahasiswa Sosiologi angkatan 2018 Undana Kupang, Setelah merangkum sejumlah hasil wawancara lapangan maka peneliti mengkategorikan hasil dan analisis penelitian ini sebagai berikut:1. Peran media sosial instagram Sebagai eksistensi diri, dimana mereka ingin terlihat lebih cantik, lebih menawan dan didalam dunia maya daripada di dunia nyata, 2. Peran media sosial instagram sebagai medeia hiburan, Media instagram dapat menghibur mereka oleh karena jenis fitur yang ada di instagram terlihat menarik dan lucu saat digunakan baik dalam bentuk foto maupun video, 3. Peran media sosial instagram sebagai tempat berdagang, menjadi tempat untuk sebagian mahasiswa berdagang menggunakan instagram, untuk membantu kondisi ekonomi. Kesimpulan yang dapat di ambil yaitu bahwa mahasiswa prodi Sosiologi Undana yang menggunakan instagram sebagai media ekpresi diri, yang meskipun berbedah kenyaatan sesungguhnya. Saran yang dapat peneliti sampaikan sampaikan adalah Mahasiswa sosiologi harus menggunakan Instagram sebegai penunjang masalah ekonomi( online shope). Untuk membantu orang dalam membiayayi perkulihalan. Dan juga dapat digunakan sebagai tempat media belajar dan mencari pengetahuhan yang lebih luas dan sebagai tempat untuk memberikan informasi dan komunikasih yang baik dan benar kepada masyarakat.
Kata Kunci: Peran, Front Stage, Instagram


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803030152
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 1
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Asa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA