Analisis Kriminologis Tindak Pidana Penganiayaan Yang Mengakibatkan Kematian (Studi Kasus Penganiayaan Seorang Pegawai Tata Usaha Salah Satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Maumere, Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kriminologis Tindak Pidana Penganiayaan Yang Mengakibatkan Kematian (Studi Kasus Penganiayaan Seorang Pegawai Tata Usaha Salah Satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Maumere, Sikka)

XML

Sepanjang tahun 2021, tercatat kurang lebih terdapat lima kasus penganiayaan yang mengakibatkan kematian di Maumere, Sikka dan salahsatunya adalah kasus penganiayaan yang mengakibatkan kematian seorang pegawai tata usaha salah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Maumere,Sikka. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor penyebab terjadinya tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan kematian terhadap seorang pegawai tata usaha salah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Maumere, Sikka? (2) Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kasus penganiayaan yang mengakibatkan kematian terhadap seorang pegawai tata usaha salah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Maumere, Sikka?
Penelitian ini dilakukan secara empiris-yuridis, yakni dengan menggunakan metode wawancara di lapangan dan dengan mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian dilaksanakan di Maumere, Sikka dengan tujuh orang responden. Data hasil wawancara selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan kematian seorang pegawai tata usaha salah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Maumere, Sikka adalah faktor internal berupa kemampuan mengontrol diri pelaku yang lemah serta kesadaran hukum pelaku yang rendah, dan faktor eksternal berupa situasi lingkungan tempat terjadinya tindak pidana yang sepi dan masyarakat yang abai. (2) Upaya penanggulangan kasus penganiayaan ini terdiri atas upaya pre-emtif, preventif, dan represif. Upaya pre-emtif berupa pelaksanaan sosialisasi hukum bagi masyarakat dan anak sekolah, upaya preventif pelaksanaan patroli oleh Kepolisian Resor Sikka, sedangkan upaya represif berupa menindaklanjuti laporan dari keluarga korban baik di tingkat kepolisian, kejaksaan, hingga pengadilan, penjatuhan putusan hakim, serta pemidanaan pelaku di rumah tahanan negara sesuai surat putusan hakim. Sebagai bentuk saran, masyarakat hendaknya tidak bersikap abai terhadap keadaan lingkungan sekitar, harus peka dan peduli pada sesama masyarakat. Setiap orang juga hendaknya lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan belajar untuk mengontrol diri.
Kata kunci: faktor penyebab, upaya pre-emtif, upaya preventif, upaya represif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Antoinette Alodia Amanda - Personal Name
Student ID
1902010042
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS A KIAN - 197908272006041003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Ketua Penguji
Darius A Kian - 197908272006041003 - Penguji 1
Nikolas Manus.,S.H.,M.H - 195805261987041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 AMA A
Copyright
Lembaga Penerbit
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA