Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Dalam Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dikelas III SDN Bakisonbay Kecamatan Noemuti (Penelitian Tindakan Kelas)
XMLSkripsi oleh Gratiana Fatima Fios, Nim 1901140075, PGSD tahun 2022 dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division dalam Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dikelas III SD Negeri Bakisonbay Kecamatan Noemuti. Rumusan masalah “Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division dalam Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dikelas III SD Negeri Bakisonbay Kecamatan Noemuti ?”. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Menggunakan model Student Team Achievment Divison dalam Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 dikelas III SD Negeri Bakisonbay Kecamatan Noemuti. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan Studi dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang siswa. Teknik analisis data yaitu deskripitif kualitatif dengan mencari presentse dari data yag telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bakisonbay Kecamatan Noemuti dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah siswa 15 orang yang tuntas 10 orang (66,67%.). Keberhasilan dari 10 orang siswa karena dapat memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan LKPD secara kelompok dengan baik, dan tidak bermain didalam kelas. Sedangkan 5 orang tidak tuntas (33,33%) Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kurangnya media yang menarik siswa tentang Pembelajaran tema 3 sub tema 3 pembelajaran 1. Pada Siklus II jumlah siswa yang tuntas 15 orang dengan presentase 100%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran pada tema 3 sub tema 3 pembelajaran 1 melalui model Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division sangat efektif.
Kata Kunci : Model Student Team Achievement Division, Pembelajaran Tema 3 Sub tema 3 pembelajaran 1, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GRATIANA FATIMA FIOS - Personal Name
|
Student ID |
1901140075
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1 Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 FIO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |