Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas V SD Inpres Fatukoa (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas V SD Inpres Fatukoa (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V SD Inpres Fatukoa pada materi Perpindahan kalor dengan penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 25 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi guru, lembar observasi peserta didik, kinerja peserta didik, keterampilan peserta didik, dan tes hasil belajar. Data tersebut di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu 62,50% meningkat menjadi 96,10% pada siklus II. Hasil observasi peserta didik siklus I yaitu 54,16% meningkat menjadi 94,79% pada siklus II. Sedangkan kinerja peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 42,15% pada siklus I menjadi 96,66% pada siklus II. Dan pada keterampilan peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 54,78% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I 50% dan pada siklus II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 di SD Inpres Fatukoa Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Inkuiri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ESINOVITA NUBATONIS - Personal Name
Student ID
1901140271
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd, M.Pd. 19580624 198703 1 002 - - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Si - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Jakarta.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NUB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA