Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Sekolh Menengah Pertama (SMP)

Detail Cantuman

Laporan Penelitian

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Sekolh Menengah Pertama (SMP)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan matematis siswa SMP melalui pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir. Kemampuan matematis meliputi pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis, penalaran matematis, koneksi matematika, dan representasi matematis. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk (a) menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran kontekstual (RPP, bahan ajar, dan instrument tes kemampuan matematis) berbasis budaya pesisir, (b) Mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual berbasis pesisir; (c) Mengetahui perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual berbasis pesisir dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pada tahun pertama telah diteliti berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Pada tahun kedua ini diteliti untuk kemampuan koneksi matematis, penalaran matematis dan representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 7 SMPN 2 Larantuka Kecamatan Ile Mandiri. 4 kelas dari 6 kelas VII terpilih menjadi secara purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Dua kelas menjadi kelas eksperimen dan dua kelas menjadi kelas control. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Draft awal perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar dan instrumen tes kemampuan matematis) yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar. Selanjutnya diuji-cobakan pada kelompok terbatas dan kelompok meluas (siswa SMP) untuk memperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi dan tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Draft awal bahan ajar (LKS), perangkat pembelajaran dan draft awal instrumen koneksi matematis, penalaran matematis dan representasi matematis yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar. Selanjutnya diuji coba untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Ujicoba pertama pada kelompok terbatas (siswa SMP) dan pada kelas VIII SMPN 1 Larantuka hingga diperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik, sesuai dengan karakteristik pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis, penalaran matematis, dan representasi matematis. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan. Begitu pula instrumen tes kemampuan penalaran matematis, koneksi matematis dan representasi matematis yang dikembangkan juga memiliki reliabelitas tinggi dan memenuhi syarat validitas. Hasil implementasi perangkat pembelajaran (bahan ajar dalam bentuk LKS) berdampak positif dan berpotensi meningkatkan kemampuan penalaran matematis, koneksi matematis dan representasi matematis.

Kata Kunci: Kontekstual berbasis budaya pesisir, penalaran matematis, koneksi matematis, representasi matematis


Detail Information

Item Type
Laporan Penelitian
Penulis
Uda Geradus - Personal Name
Maria Agustina Kleden - Personal Name
Yoseph Sugi - Personal Name
Student ID
196801131993032001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 KLE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA