Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP)

Detail Cantuman

Laporan Penelitian

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan matematis siswa SMP melalui pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir. Kemampuan matematis meliputi pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis, penalaran matematis, koneksi matematika, dan representasi matematis. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk (a) menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran kontekstual (bahan ajar, dan instrument tes kemampuan matematis) berbasis budaya pesisir, (b) Mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual berbasis pesisir; (c) Mengetahui perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual berbasis pesisir dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (d) Mengkaji kelebihan dan kekurangan yang ditemukan dalam implementasi pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir pada tahun pertama akan dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Draft awal perangkat pembelajaran (bahan ajar dan instrumen tes kemampuan matematis) yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar, serta diuji-cobakan pada kelompok terbatas dan kelompok meluas (siswa SMP) sampai diperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik, sesuai dengan pembelajaran kontekstual berbasis pesisir dan dapat meningkatkan kemampuan matematis. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi dan tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Draft awal bahan ajar (LKS), perangkat pembelajaran dan draft awal instrumen komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh pakar, serta diujicobakan pada kelompok terbatas (siswa SMP) sampai diperoleh bahan ajar dan instrumen yang baik, sesuai dengan karakteristik pembelajaran kontekstual berbasis budaya pesisir dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis. Pengumpulan data melalui teknik analisis dokumen lembar validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan, dan instrumen kemampuan komunikasi matematis dan instrumen pemecahan masalah matematis yang dikembangkan juga memenuhi kriteria kevalidan dan memiliki reliabelitas tinggi. Hasil implementasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan komunikasi matematis yang dikembangkan juga memenuhi kriteria valid dan reliabel. Selain itu bahan ajar yang telah dikembangkan berdampak positif dan berpotensi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: Kontekstual berbasis budaya pesisir, komunikasi matematis, pemecahan masalah matematis


Detail Information

Item Type
Laporan Penelitian
Penulis
Uda Geradus - Personal Name
Maria Agustina Kleden - Personal Name
Yoseph Sugi - Personal Name
Maria Imaculata Rume - Personal Name
Student ID
196801131993032001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 KLE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA