Skripsi
RESPONSIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN JAMA’AH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA KUPANG
XMLRumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimanakah Responsivitas Pendaftaran Jama’ah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Kupang? Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mengatahui Dan Menaganalisis Responsivitas Pendaftaran Jama’ah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Kupang.
Jenis Dan Pendektan Penelitian Dengan metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa fakta-fakta tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.Fokus penelitian Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah Responsivitas pendaftaran calon jama’ah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Teknik Pengumpulan Data Pengamatan Observasi, Wawancara, Dokumentasi.
Kecepatan namun dengan adanya layanan haji pintar ini di Kemenag dan SISKOHAT serta sehingga dapat membuat masyarakat lebih mudah melakukan pendaftaran haji karena masyarakat yang ingin mendaftar haji masuk di situs haji pintar. Pelayanan pendaftaran CJH haji pintar ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit di mulai dari masukan data CJH. Ketepatan Dengan demikian adanya pelayanan yang tepat tidak membunag inti dari pelayanan tersebut tapi dapat dijadikan pertimbangan untuk mengubah menjadi pelayanan baru. Berdasarkan hasil penelitian tentang atribut kesesuaian atau compatibility, responsivitas pelayanan pendaftaran CJH sudah sesuai dengan keinginan masyarakat karena pelayanan ini sudah tepat sasaran. Berdasarkan penjelasan diatas mengenai ketepatan dapat diketahui bahwa proses pelayanan ini tidak mengubah inti dari pelayanan pendaftaran calon jamaah haji hanya saja masyarakat masih perlu lagi datang ke Bank Penerima Setoran yang jaraknya cukup jauh dari kantor kemenag, tetapi dengan adanya SISKOHAT, Aplikasi Haji Pintar cukup membantu dalam pendaftaran haji. Kejelasan Dalam responsivitas layanan pendaftaran CJH apakah layanan ini jelas oleh orang lain serta apakah hasil pengamatan tersebut dapat menunjukkan bahwa proses pelayanan tersebut berjalan sesuai dengan harapan. Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa pada setiap proses layanan pendafatran haji ini dapat dengan jelas diterima oleh masyarakat. tindak lanjut dilakukan agar masyarakat dapat menerima suatu pelayanan dengan melihat nilai lebihnya dibandingkan sebelum adanya responsivitas layanan tersebut. Dalam responsivitas pelayanan pendaftaran CJH indikator tindak lanjut berhubungan dengan sejauh mana responsivitas ini sudah di tindak lanjuti dan serta bagaimana tanggapan masyarakat dengan adanya responsivitas layanan pendaftaran CJH ini.
Standar Operasional Prosedur indikator tindak lanjut ada beberapa yaitu menjamin kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan yang mencakup standar input (waktu, biaya, SDM, teknologi, dan lain-lain, Memberikan informasi kepada pengambil keputusan tentang adanya penyimpangan dan penyebabnya sehingga dapat mengambil keputusan untuk melakukan koreksi pada pelaksanaan kegiatan, memberikan informasi kepada pengambil keputusan tentang adanya perubahan-perubahan lingkungan yang harus di tindak lanjuti dengan penyesuaian kegiatan, memberikan informasi tentang akuntabilitas pelaksanaan dan hasil kinerja pelayanan kepada pihak yang berkepentingan secara kontinyu dan dari waktu ke waktu.
Kata kunci: Responsivitas Pelayanan Pendaftaran Jama’ah Haji
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Inda Hasliana - Personal Name
|
Student ID |
1903010015
|
Dosen Pembimbing |
Willam Djani - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. William Djani, M.Si - 19641014198901 1 001 - - Ketua Penguji
Dr. Hendrik Toda, S. Sos, M.Si - 198312042009121005 - Penguji 1 Dr. Nursalam, M.Si - 19641009 199103 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Has R
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |