Skripsi
ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS WAE NAKENG KECAMATAN LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT
XMLPenelitian inimenjelaskan tentang bagaimanakah budaya organisasi dalam meningkatkankualitas pelayanan pada Puskesmas Wae Nakeng Kecamatan Lembor KabupatenManggarai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisbudaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Puskesmas WaeNakeng Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat. Untuk menganalisismasalah ini maka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori budayaorganisasi yakni terdiri dari tujuh karakteristik budaya organisasi 1) inovasi dankeberanian mengambil risiko, 2) perhatian terhadap hal-hal kecil, 3) berorientasipada hasil, 4) berorientasi pada manusia, 5) berorientasi pada tim, 6) agresivitasdan 7) stabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metodedeskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah primer dan sekunder. Informandalam penelitian ini ada delapan orang, yaitu kepala Puskesmas Wae Nakeng,kepala tata usaha, kepala bidang pelayanan dan lima orang pasien yang terdiri daridua orang pasien poli umum, satu orang pasien rawat inap, satu orang pasienbersalin dan satu orang pasien poli gigi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaPuskesmas Wae Nakeng telah menerapkan ketujuh indikator budaya organisasidengan baik hanya saja kurangnya pengawasan ketat dari pimpinan maka pegawaibekerja seenaknya saja sehingga kinerja organisasi menurun dan berdampak padamutu pelayanan yang rendah. Selain itu, kualitas sumber daya manusia yangmasih rendah dalam hal ini kurangnya kesadaran pegawai untuk menjalankantugas dengan baik sehingga tidak memberikan dampak pada peningkatan mutupelayanan.
Kata kunci: Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA ELDIANA WANGUK - Personal Name
|
Student ID |
1903010083
|
Dosen Pembimbing |
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1 Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 WAN A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |