Skripsi
PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDK BEITAHU KABUPATEN MALAKA
XMLRumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 3 melalui penggunaan model Numbered Head Together? Tujuan penelitiaan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Numbered Head Together pada siswa kelas IV di SDK Beitahu. Subjek penelitian 9 orang yakni 8 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yaknik teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDK Beitahu dengan hasil penelitian pada siklus I dari 9 subjek penelitian 5 siswa (55,55%) yang tuntas dikarenakan memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam diskusi kelompok, berani bertanya atau menyampaikan pendapat, dan mampu menjawab soal yang diberikan. Sedangkan 4 siswa (44,44%) belum tuntas karena siswa belum terbiasa dengan model Numbered Head Together, tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 9 subjek penelitian (100%) siswa tuntas karena guru sudah mampu menguasai kelas selama kegiatan pembelajaran, siswa sangat aktif dan antusias mengikuti pembelajaran serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga menjalin kerja sama yang baik, berani berbicara dan tampil dengan percaya diri di depan kelas untuk mempertanggungjawabkan hasil kerja mereka.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
HERLINDA SONYA MORUK - Personal Name
|
Student ID |
1901140344
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Mor P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |