PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDK BEITAHU KABUPATEN MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDK BEITAHU KABUPATEN MALAKA

XML

Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 3 melalui penggunaan model Numbered Head Together? Tujuan penelitiaan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Numbered Head Together pada siswa kelas IV di SDK Beitahu. Subjek penelitian 9 orang yakni 8 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yaknik teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDK Beitahu dengan hasil penelitian pada siklus I dari 9 subjek penelitian 5 siswa (55,55%) yang tuntas dikarenakan memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam diskusi kelompok, berani bertanya atau menyampaikan pendapat, dan mampu menjawab soal yang diberikan. Sedangkan 4 siswa (44,44%) belum tuntas karena siswa belum terbiasa dengan model Numbered Head Together, tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 9 subjek penelitian (100%) siswa tuntas karena guru sudah mampu menguasai kelas selama kegiatan pembelajaran, siswa sangat aktif dan antusias mengikuti pembelajaran serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga menjalin kerja sama yang baik, berani berbicara dan tampil dengan percaya diri di depan kelas untuk mempertanggungjawabkan hasil kerja mereka.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HERLINDA SONYA MORUK - Personal Name
Student ID
1901140344
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mor P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA