Pelatihan Dan Pendampingan Penggunan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru SD Gugus Larantuka 1 Wilayah Waibalun Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Program Kemitraan Masyarakat

Pelatihan Dan Pendampingan Penggunan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru SD Gugus Larantuka 1 Wilayah Waibalun Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

XML

Pada dasarnya perkembangan intelektual siswa SD termasuk dalam tahap operasional konkret, sebab berfikir logikanya didasrkan atas manipulasi fisik dari objek-objek. Melalui penggunaan media/alat peraga anak akan lebih menghayati matematika secara nyata berdasarkan fakta yang jelas dan dapat dilihatnya, sehingga lebih mudah memahami topik yang disajikan. Namun kenyataan dibebarapa SD di Gugus 1 Wilayah Waibalun, pelajaran matematika tmenggunakan media/alat peraga. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya alat peraga dan guru belum pernah mendapatkan pelatihan membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Akibatnya guru tidak mengembangkan diri dlam pemanfaatan dan pengembangan media/alata peraga sehingga pembelajaran matematika menjadi tidak menarik dan ahkirnya bermuara pada tidak kautnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Tujuan kegiatan PKM ini yaitu membuat beberapa alat peraga sederhana yang dapat digunakan sebagai media belajar sehari-hari. Juga akan dilakukan pelatihan penggunaan alat peraga, serta pendampinagan dalam proses belajar mengajar saat menggunakan alat peraga bagi para guru matematika SD. Target khusus kegiatan PKM diharapkan dapat memeperbaiki system Pendidikan, yaitu akan menghasilkan berbagai jenis alat peraga matematika; akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika dan memberikan kemampuan berpikir matematika secara kreatif, melalui penggunaan alat peraga, guru Sd akan dapat memperoleh tambahan tentang pemanfaatan dan pengembangan media/alat peraga untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas profesionalnya sebagai pembimbing peserta didik di SD untuk mata pelajaran matematika. Melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika, guru semakin memahami berbagai konsep pemecahan, bangun datar dan bangun ruang serta menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Melalui pelatihan dan pendampingan ini, terungkap pula bahwa selama ini slah satu factor penyebab kesulitan guru menerapakn pengguna alat peraga dlam pembeklajaran matematika adalah keterbatasan dalam hal memahami ketepatan laat peraga dan konsep matematika yang diajarkan.

Kata kunci : Alat peraga, matematika, Pendidikan, pelatihan, pendampingan


Detail Information

Item Type
Program Kemitraan Masyarakat
Penulis
Astri Atti - Personal Name
Maria Agustina Kleden - Personal Name
Yoseph Sugi - Personal Name
Student ID
196801131993032001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 ATT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA