ANALISIS KETIDAKBERLANJUTAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT DI DESA SUKA KIONG, KECAMATAN KUWUS, KABUPATEN MANGGARAI BARAT.

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS KETIDAKBERLANJUTAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT DI DESA SUKA KIONG, KECAMATAN KUWUS, KABUPATEN MANGGARAI BARAT.

XML

Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informandalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Jenis dan sumber data yaitu data primer dan datasekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yaitu reduksi data, sajiandata dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk mendekskripsikanketidakberlanjutan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yaitumenggunakan teori Mukerjee dan Wijik mengenai kunci keberlanjutan program melaluiaspek teknis, kelembagaan, keuangan, sosial, dan lingkugan. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa penyebab ketidakberlanjutan program Penyediaan Air Minum DanSanitasi Berbasis Masyarakat Di Desa Suka Kiong, Kecamatan Kuwus, KabupatenManggarai Barat yaitu: Aspek Teknis, Pemasangan jaringan perpipaan programPamsimas di desa Suka Kiong tidak dikubur kedalam tanah sehingga mengakibatkanSebagian pipa ada yang sudah rusak dan tidak bisa terpakai lagi, sedangkan untukteknologi yang digunakan dalam menyalurkan air mengunakan teknologi grafitasi yangmana air dialirkan dari sumber air dari tempat ketinggian, sehingga mengakibatkanpendistribusian air kepada masyarakat tidak merata. Aspek Kelembagaan, Lembagapengelola lanjutan sudah di bentuk, namun mereka tidak memiliki wewenang untukmengelola, sehingga tugas dari lembaga penggelola juga tidak ada. Aspek keuangan,Iuran program pamsimas di desa Suka Kiong tidak berjalan, sehingga mengakibatkan danaoperasional dan pemeliharaan sarana dan prasarana di desa Suka Kiong tidak ada. AspekSosial, pendistribusian air tidak menggunakan aturan dan masyarakat tidak puas dengapendistribusian air dari program ini. Aspek Lingkugan, Penghijauan di desa Suka Kiongsudah pernah dilakukan tapi pemagaran di sekitar sumber air tidak dibuat, karena dalamanggaran dan rancangan pembagunan pemagaran tidak dicantumkan
Kata Kunci : Analisis, Ketidakberlanjutan, Program Pamsimas, Desa Suka Kiong,Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELFRIDUS HUTAM - Personal Name
Student ID
1803010039
Dosen Pembimbing
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 HUT A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA