Pelatihan Dan Pendampingan Pengunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.

Detail Cantuman

Program Kemitraan Masyarakat

Pelatihan Dan Pendampingan Pengunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.

XML

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disukai anak. Namun masih banyak guru yang belum maksimal mencari upaya agar keadaan demikian dapat berkurang atau bahkan berubah. Pada dasarnya perkembangan intelektual siswa SD termasuk dalam tahap operasional kongkrit, sebab logika berpikirnya didasarkan atas manipulasi fisik dari obyek-obyek. Dengan kata lain penggunaan media (termasuk alat peraga) dalam pembelajaran matematika di SD memang sangat diperlukan. Hal ini bukan hanya disebabkan sesuai dengan tahap berpikir anak tetapi juga tahap perkembangan mental anak. Melalui penggunaan media/alat peraga tersebut anak akan lebih menghayati matematika secara nyata berdasarkan fakta yang jelas dan dapat dilihatnya. Kegiatan ini membantu siswa untuk lebih mudah memahami topik yang disajikan. Namun kenyataannya, pada beberapa SD di Kecamatan Larantuka, guru tidak menggunakan media/alat peraga dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya alat peraga dan juga guru belum memiliki pemahaman dan keterampilan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Akibatnya guru tidak bisa mengembangkan diri dalam pemanfaatan dan pengembangan media/alat peraga sehingga pembelajaran matematika menjadi tidak menarik. Kondisi ini bermuara pada menurunnya pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang diajarkan ataupun pemahaman konsep dasar yang tidak kuat pada siswa. Tujuan kegiatan PKM ini yaitu membuat berbagai alat peraga sederhana yang dapat digunakan sebagai media belajar sehari-hari. Juga akan dilakukan pelatihan penggunaan alat peraga, serta pendampingan dalam proses belajar mengajar saat penggunaan alat peraga bagi para guru matematika SD. Target khusus kegiatan PKM ini diharapkan dapat memperbaiki sistem pendidikan dan peningkatan partisipasi masyarakat, yaitu akan menghasilkan berbagai jenis alat peraga matematika; akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika dan memberikan kemampuan berpikir matematika secara kreatif; Melalui pengunaan alat peraga, guru SD dapat memperoleh tambahan wawasan tentang pemanfaatan dan pengembangan media/alat peraga untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas profesionalnya sebagai pembimbing peserta didik di sekolah; Memperbaiki sistem pendidikan di sekolah, khususnya di sekolah dasar untuk mata pelajaran matematika. Guru SD Gugus Larantuka II Kecamatan Larantuka adalah mitra untuk kegiatan PKM dilaksanakan bersama tim. Kegiatan PKM yang telah dilaksanakan di Kecamatan Larantuka diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pihak sekolah.

Kata Kunci : alat peraga, matematika, pendidikan, pelatihan, pendampingan


Detail Information

Item Type
Program Kemitraan Masyarakat
Penulis
Maria Lobo - Personal Name
Astri Atti - Personal Name
Maria Agustina Kleden - Personal Name
Student ID
196801131993032001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 KLE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA