SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENDETEKSI TIPE KECERDASAN MAJEMUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK PERTIMBANGAN STUDI LANJUT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Detail Cantuman

Skripsi

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENDETEKSI TIPE KECERDASAN MAJEMUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK PERTIMBANGAN STUDI LANJUT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

XML

Pemilihan jurusan menjadi salah satu topik yang sering dibicarakan para siswa sekolah menengah atas, khususnya bagi mereka yang berkeinginan untuk mengambil pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi sehingga penting bagi siswa untuk memilih dengan penuh pertimbangan dan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Pemilihan yang dilakukan secara terburu-buru dan tidak sesuai dengan bakat dan minat siswa dapat berdampak buruk kedepannya bagi siswa. Memilih jurusan tidak bisa dianggap sepele, sehingga penting bagi siswa untuk mengetahui sedini mungkin apa saja potensi di dalam dirinya. Menggali potensi diri dapat dilakukan salah satunya dengan melakukan tes kecerdasan majemuk. Beragamnya tipe kecerdasan majemuk ini membuat siswa semakin bingung menentukan minatnya sendiri. Oleh karena itu, dengan adanya hasil dari tes ini bisa menjadi acuan bagi para siswa untuk dapat memilih dan mempertimbangkan jurusan mana yang ingin dituju sesuai dengan potensi diri masing-masing. Dalam proses pengerjaannya, sistem pendukung keputusan menggunakan metode simple additive weighting sebagai metode pada proses perhitungan dan penilaian serta pengujian user acceptance test dan pengujian black box sebagai metode pengujiannya. Penelitian ini menggunakan data kuesioner dari 107 siswa dan melalui penelitian ini, diketahui bahwa terdapat 8 siswa yang memiliki kecerdasan musikal sebagai tipe kecerdasan dominan, 5 siswa pada tipe kecerdasan naturalis, 31 siswa pada tipe kecerdasan linguistik, 30 siswa pada tipe kecerdasan interpersonal, 9 siswa pada tipe kecerdasan intrapersonal, 8 siswa pada tipe kecerdasan visual spasial, 7 siswa pada tipe kecerdasan logika matematika, 8 siswa pada tipe kecerdasan kinestetik serta 10 siswa pada tipe kecerdasan eksistensial. Berdasarkan pengujian pada sistem menggunakan pengujian user acceptance test, diperoleh hasil bahwa sistem dapat memberikan keluaran yang tepat dan sesuai dengan tipe kecerdasan yang dimiliki siswa dengan presentase 87.6% dengan tingkat penerimaan sangat kuat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jessica L. F. Sunbanu - Personal Name
Student ID
1606080064
Dosen Pembimbing
TIWUK WIDIASTUTI - 198003052005012002 - Dosen Pembimbing 1
Bertha S. Djahi - 198009102006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Tiwuk Widiastuti - 198003052005012002 - Ketua Penguji
Bertha Selviana Djahi - 198009102006042001 - Penguji 1
Yelly Yosiana Nabuasa - 198303242009122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
55201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komputer
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
552.01 Sun S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA