PENGARUH POTENSI PENGEMBANGAN TANAH TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN OESAO - OEKABITI, KECAMATAN KUPANG TIMUR)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH POTENSI PENGEMBANGAN TANAH TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN OESAO - OEKABITI, KECAMATAN KUPANG TIMUR)

XML

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang sering digunakan dalam menunjang kegiatan perekonomian, hubungan sosial, dan budaya antar wilayah. Apabila terjadi kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi terutama pada transportasi darat. Kerusakan pada perkerasan jalan salah satunya dapat dipengaruhi oleh tanah dasar. Tanah dasar dengan daya dukung buruk memiliki sifat kembang susut yang besar sehingga menyebabkan kerusakan perkerasan jalan. Pada perkerasan jalan Oesao-Oekabiti mempunyai tingkat kerusakan yang bervariasi mulai dari rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanah dan pengaruh pengembangan tanah terhadap tingkat kerusakan perkerasan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan pengujian laboratorium. Hasil penelitian sistem klasifikasi tanah menurut USCS menunjukkan tanah pada semua tingkat kerusakan jalan termasuk kelompok CH yaitu tanah lempung anorganik dengan plastisitas tinggi. Klasifikasi tanah menurut AASHTO untuk semua tingkat kerusakan jalan termasuk kelompok A-7-6, yaitu tanah lempung yang dikategorikan jelek sebagai bahan untuk tanah dasar. Dari hasil penelitian sifat fisik dan sifat mekanis sampel tanah di laboratorium menunjukkan nilai indeks plastisitas, batas cair, batas plastis, kadar air optimum dan pengembangan tanah berbanding lurus dengan meningkatnya nilai pada tiap tingkat kerusakan jalan. Sebaliknya, berbanding terbalik dengan penurunan nilai batas susut, berat volume kering maksimum dan CBR. Berdasarkan pengujian potensi pengembangan tanah dengan mold CBR dan alat Oedometer menunjukkan semakin besar nilai pengembangan tanah maka semakin meningkat tingkat kerusakan jalan, sehingga pengembangan tanah dasar mempunyai pengaruh terhadap tingkat kerusakan perkerasan pada jalan Oesao-Oekabiti.
Kata Kunci: Potensi Pengembangan, Tanah Dasar, Perkerasan Jalan, Sifat Fisik, Sifat Mekanis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SANLY NOVITA WELKIS - Personal Name
Student ID
1706010003
Dosen Pembimbing
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elsy E Hangge - 198103102005012001 - Ketua Penguji
Dr. Ruslan Ramang, ST, M.Si - 195901091986031001 - Penguji 1
Rosmiyati A Bella - 197611112005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
22201 WEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA