IMPLEMENTASI PROGRAM JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PROGRAM JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang)

XML

Permasalahan seperti laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat sehingga mengakibatkan padatnya antrian, luas wilayah suatu kota dan lokasi tempat tinggal yang jauh dari pusat pelayanan, kesibukan masyarakat yang bermacammacam, serta kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan sebagai identitas yang wajib dimiliki di negara ini merupakan permasalahan yang sering terjadi kota-kota di Indonesia tak terkecuali di Kota Kupang. Hal tersebut membuat pemerintah Kota Kupang mencari solusi atas permasalahan itu agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang menjadi pilihan pemerintah dalam mengatasi permasalahan pelayanan kependudukan di Kota Kupang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Jemput Bola Administrasi kependudukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang) Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data berasal dari data primer serta data sekunder dan sumber data berasal dari wawancara, observasi serta penelusuran dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (1992:12) melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Jemput Bola Administrasi Kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang sudah berjalan cukup baik hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang terjalin antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dengan pihak masyarakat sebagai sasaran program, sumber daya baik sumber daya manusia, sumber daya peralatan dan sumber daya anggaran yang cukup memadai, disposisi atau sikap aparat pelaksana yang ramah dalam pelayanan dan struktur birokrasi dalam hal strandar operasional prosedur yang dilakukan secara maksimal.
Kata Kunci : Implementasi, Program, Jemput Bola Administrasi Kependudukan, Kualitas pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bernardino Bala - Personal Name
Student ID
1903010074
Dosen Pembimbing
Penguji
Dra. Jakoba Daud Niga,M.Si - 19600406 198702 2 001 - Ketua Penguji
Dr. Hendrik Toda, S. Sos, M.Si - 198312042009121005 - Penguji 1
Adriana Rodina Fallo, SH. M.Si - 19740306 200912 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Bal I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA