Penggunaan Model Learning Cycle Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Tentang Sifat Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Oelbubuk Kabupaten Kupang (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Learning Cycle Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Tentang Sifat Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Oelbubuk Kabupaten Kupang (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaa Model Learning Cycle Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Oelbubuk Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kela IV SD GMIT Oelbubuk yang berjumlah 24 orang, laki-laki 14 orang dan perempuan 10 orang..Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD GMIT Oelbubuk Kabupaten Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 24 orang sebanyak 14 orang (58,33%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, meneyelesaikan pekerjaan kelompok, tidak mengganggu teman lain, mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta dapat mengerjakan soal tes. Selanjutnya yang tidak tuntas 10 orang (41,66) tidak tuntas karena suka bermain, mengganggu teman lain, tidak memperhatikan penjelasan guru,dan tidak mengerjakan soal tes dengan baik. Kekurangan guru belum mampu membimbing siswa 1/1 dalam kelompok, dan kurang memberikan motivasi kepada siswa. Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar meningkat yakni dari 24 siswa, semuanya tuntas (100%) tuntas semua karena selalu memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan tugas kelompok, mampu menjawab pertanyaan dari guru, tidak saling mengganggu, serta mampu menjawab soal tes dengan baik. Guru sudah mampu membimbing semua siswa dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan penggunaan model learning cycle dalam pembelajaran tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 tentang sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela IV SD GMIT Oelbubuk Kabupaten Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil test siklus I 14 orang ( 58,33%) yang tuntas dan siklus II 24 orang (100%) yang tuntas.
Kata Kunci : Learning Cycle, Sifat-Sifat Cahaya, dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIO STEFANUS BANA - Personal Name
Student ID
1901140111
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA