Skripsi
Pengaruh Penerapan Smart School Berbasis Literasi Digital (Google Classroom) Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Citra Bangsa Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penerapan Smart School Berbasis Literasi Digital (Google Classroom) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP Kristen Citra Bangsa Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis dan desain penelitian Quasy Experiment atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest Control Desain. Menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, sekiranya penulis mendapatkan perolehan data tentang hasil belajar siswa melalui Penerapan Smart School Berbasis Literasi Digital (Google Classroom) yang penulis gunakan dalam pembelajaran di kelas VIII. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk data angka dan kalimat yang jelas, sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII A dan VIII H SMP Kristen Citra Bangsa Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, pada Uji Normalitas, nilai signifikansi pretest dan posttest yang didapat pada kelas eksperimen, yaitu 0,019 dan 0,033 lalu pada kelas kontrol diperoleh nilai 0,063 dan 0,017 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada hasil uji tersebut, melebihi nilai sig > 0,05, maka data tersebut dikatakan berdistribusi normal. Kedua, pada Uji Homogenitas, nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat 0,208 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada Uji Homogenitas, hasil dari kedua kelas tersebut melebihi nilai sig > 0,05, maka data tersebut berdistribusi homogen. Ketiga, nilai mean (rata-rata) pada kelas eksperimen, yaitu pretest 54,33 dan posttest 85,33. Sedangkan nilai mean (rata-rata) pada kelas kontrol, yaitu pretest 68,50 dan posttest 85,70. Artinya nilai mean pada setiap kelas mengalami peningkatan/perubahan dan nilai signifikansi yang di dapat dari kedua kelas yaitu < 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan yang ada pada Uji Paired Sample T-Test, nilai sig (2-tailed p) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada pengaruh penerapan media pembelajaran (google classroom) terhadap hasil belajar siswa. Pada uji variabel x dan variabel y, dalam uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel x (google classroom) terhadap variabel y (hasil Belajar).
Kata Kunci: Literasi Digital, Google Classroom, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Fakhri Hasbi - Personal Name
|
Student ID |
1901070093
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1 MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Has B
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |