Skripsi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI IPS TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD NEGERI LAMAWAI KABUPATEN FLORES TIMUR
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS tema pahlawanku Kelas IV SD Negeri Lamawai Kabupaten Flores Timur materi peninggalan sejarah pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lamawai yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dimana pada siklus I hanya 1 siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 4,76 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 14 siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 66,67 %. Aktivitas guru pada siklus I menunjukan pada kategori sangat baik guru hanya memperoleh 4 aspek yang diamati dengan persentase 22,22 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 aspek yang diperoleh guru dengan persentase 83,33 %. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I menunjukan belum ada siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik namun pada siklus II mengalami peningkatan secara keseluruhan siswa telah mencapai nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 100 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquirypada materi sejarah peninggalan kerajaan pada masa Hindu, Buddha, dan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Lamawai Kabupaten Flores Timur.
Kata Kunci: Model pembelajaran Guided Inquiry; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mahyaman Idris - Personal Name
|
Student ID |
1901140255
|
Dosen Pembimbing |
Anderias Ande - 196210101989031004 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1 Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Idr M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |