MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI IPS TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD NEGERI LAMAWAI KABUPATEN FLORES TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI IPS TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD NEGERI LAMAWAI KABUPATEN FLORES TIMUR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS tema pahlawanku Kelas IV SD Negeri Lamawai Kabupaten Flores Timur materi peninggalan sejarah pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lamawai yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dimana pada siklus I hanya 1 siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 4,76 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 14 siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 66,67 %. Aktivitas guru pada siklus I menunjukan pada kategori sangat baik guru hanya memperoleh 4 aspek yang diamati dengan persentase 22,22 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 aspek yang diperoleh guru dengan persentase 83,33 %. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I menunjukan belum ada siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik namun pada siklus II mengalami peningkatan secara keseluruhan siswa telah mencapai nilai pada kategori sangat baik dengan persentase 100 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquirypada materi sejarah peninggalan kerajaan pada masa Hindu, Buddha, dan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Lamawai Kabupaten Flores Timur.
Kata Kunci: Model pembelajaran Guided Inquiry; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mahyaman Idris - Personal Name
Student ID
1901140255
Dosen Pembimbing
Anderias Ande - 196210101989031004 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Idr M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA