PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAMAN JENAZAH DI PEKARANGAN TEMPAT TINGGAL DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA KUPANG NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PEMAKAMAN DAN PENGABUAN JENAZAH

Detail Cantuman

Skripsi

PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAMAN JENAZAH DI PEKARANGAN TEMPAT TINGGAL DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA KUPANG NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PEMAKAMAN DAN PENGABUAN JENAZAH

XML

Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pemakaman dan Pengabuan Jenazah, mewajibkan masyarakat memakamkan jenazah pada tempat pemakaman yang telah ditentukan. Namun, pada tataran implementasi masih menimbulkan problematika hukum tersendiri karena terdapat kecenderungan masyarakat memilih pekarangan tempat tinggal sebagai salah satu tempat pemakaman alternatif karena adanya beragam persepsi dari masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauh manakah pemerintah Kota Kupang menegakkan Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 11 Tahun 2016 untuk mengatasi problematika Pemakaman Jenazah di pekarangan tempat tinggal?. (2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pemakaman jenazah di pekarangan tempat tinggal yang menimbulkan problematika hukum?.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empirik dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep dan pendekatan sosiologi hukum. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada tataran implementasi, masih menimbulkan problematika hukum tersendiri karena masih terdapat kecendrungan masyarakat memilih pekarangan tempat tinggal sebagai salah satu tempat pemakaman alternative karena adanya beragam persepsi masyarakat berkaitan dengan tempat pemakaman. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat memilih tempat tinggal sebagai salah satu tempat pemakaman alternatif adalah: (a) faktor budaya, (b) faktor biaya pemakaman yang mahal di TPU, (c) faktor jarak yang cukup jauh ke TPU dan (d) faktor Peraturan Daerah.
Kata Kunci: Problematika Hukum, Pemakaman Jenasah di Pekarangan Tempat Tinggal, Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 11 Tahun 2016.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1802010458
Dosen Pembimbing
YOSEF MARIO MONTEIRO - 19750520 200604 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
YOSEF M. MONTEIRO - - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 1
Dr.Saryono Yohanes, S.H., M.H - 19620712 198902 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 WEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA