Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SD GMIT Manumuti

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SD GMIT Manumuti

XML

Penelitian ini bertujuan menguji adanya pengaruh dari model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains. Metode penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest Design dengan desain penelitian Pre-Experimental. Instrumen yang dipakai berupa lembar observasi, lembar kerja peserta didik dan lembar angket keterampilan proses sains yang digunakan sebagai pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan pengambilan simple random sampling, sampel yang digunakan adalah 1 kelas. Penelitian dilakukan di SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SD GMIT Manumuti dengan rata-rata presentase pre-test keterampilan proses sains 58.75% dan post-test keterampilan proses sains sebesar 72,02%, sehingga nilai rata-rata keterampilan proses sains sebelum dan sesudah diterapkan model PjBL mengalami peingkatan. Dibuktikan dengan menggunakan uji t-Independent pada nilai pre-test dan post-test keterampilan proses sains hasil sig. (2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima artinya ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V SD GMIT Manumuti.
Kata kunci: Project Based Learning; Keterampilan; Sains


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HARLYANTI BENU - Personal Name
Student ID
1901140041
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA