Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Di Kelas IV SDN Amnaupah Kabupaten TTU

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Di Kelas IV SDN Amnaupah Kabupaten TTU

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang hewan dan tumbuhan dilingkunganrumahku melalui model inkuiri di kelas IV SDN Amnaupah kabupaten TTU?.Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar siswatentang hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku melalui model inkuiri dikelas IV SDN Amnaupah kabupaten TTU . Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapansebagai berikut: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi, teknik analisis datayakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 18 orang dengan rincian 9orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan.Penelitian ini diadakan di SDN Amnaupah Kabupaten Timor TengahUtara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 18 subjekyang diteliti maka yang tuntas pada siklus I yakni 11 orang (61%) dikarenakanselalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktifdalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan dan tidakmembuat keributan pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Sedangkan 7orang lainnya dari 18 subjek (38%) belum mencapai standar ketuntasandikerenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percayadiri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaranSelanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 18 subjek yangditeliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan persentase 100% dikarenakansiswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saatpemebalajaran, aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, percayadiri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaanModel Pembelajaran inkuiri pada Pembelajaran Tema 3 Peduli Terhadap MaklukHidup Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Amnaupah Kabupaten TimTengah Utara. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan hasilbelajar dan selanjutnya semua data menunjukkan seluruh siswa dapat mencapainilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran inkuiridapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model inkuiri, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elisabeth Ampolo - Personal Name
Student ID
1701140021
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Amp P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA