PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALABAHI KABUPATEN ALOR

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALABAHI KABUPATEN ALOR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah khususnya materi historiografi dengan menggunakan metode ICM (Index card Match). Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian ini di latar belakangi kurangnya penerapan metode pembelajaran yang yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang di peroleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajaran sejarah. Dengan menggunakan metode index card match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik, peserta didik bekerja sama dengan baik. Dengan adanya peranan metode pembelajaran ini dapat di ketahui bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan presentase nilai setiap siklus yang di peroleh. Peningkatan hasil belajar 23 peserta didik dapat di lihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 13 peserta didik dengan presentase (56,52%), sedangkan peserta didik yang nilainya di bawah KKM berjumlah 10 orang (43,47%), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM terdapat 18 orang dengan presentase (78,26%) sedangkan peserta didik yang nilai nya di bawah KKM berjumlah 5 orang dengan presentase (21,74%) dan kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 23 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan presentase (100%). Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkaatan rata-rata 70,74%, pada pra siklus, meningkat dengan angka 74,49% pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 83,60%, pada siklus II. Pengamatan pada kinerja juga mrngalami peningkatan mrenjadi 77.78% menjadi 88,33%pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri I Kalabahi Kabupaten Alor.

Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar, Metode ICM


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELINDA YONAIN - Personal Name
Student ID
1701090010
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 AIN
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA