MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA SWASTA EFATA SULAMU

Detail Cantuman

Skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA SWASTA EFATA SULAMU

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah khususnya materi sumpah pemuda dan jati diri keindonesiaan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini dilatar belakangi dengan situasi saat ini,dunia mengalami goncangan keras dengan menghadapi masa yang sangat berat berupa pandemic, Hal ini juga mempersulit rana gerak manusia disegala sector termasuk pendidikan. Wabah Covid-19 mendesak pengujian pendidikan jarak jauh hamper yang belum perna dilakukan secara serempak sebelumnya bagi semua elemen pendidikan yakni, peserta didik, pendidik,hingga wali peserta didik, meningkat pada masa pandemic ini. waktu, lokasi, serta jarak jauh, menjadi permasalahan besar pada saat ini.dengan adanya pandemic ini hasil belajar peserta didik menurun sehingga Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan dalam melakasanakan pembelajaran secara tatap muka langsung. ini memberikan tantangan bagi semua elemen dan jenjang pendidikan untuk mempertahankan kelas tetap aktif meski pun sekolah tetah tutup. Untuk merespon situasi ini dunia pendidikan memanfaatkan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan masa pandemic dngan menggunakan model pembelajaran blended learning. Blended learning muncul sebagai jawaban atas masalah ini, tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS SMA Swasts Efata Sulamu. Dengan subjek 29 peserta didik, penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dengan adanya penerapan model pembelajaran ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukan hasil yang baikbahwa adanya peningkatan hasil belajar 29 peserta didik dapat dilihat sebagai bukti, pada siklus I yang mencapai nilai KKM terdapat 20 Orang dengan presentase (71%) yang belum mencapai KKM terdapat 9 orang dengan presentase (29%) dengan nilai rata-rata (69%). Hal ini meningkat pada siklus II dengan data sebagai berikut yang mencapai nilai KKM terdapat 27 orang dengan presentase (93,10%) yang belum mencapai nilai KKM terdapat 2 orang dengan presentase (6,89%)dengan nilai rata-rata (98,26%). Hasil observasi peserta didik yang diperoleh pada siklus I mencapai 60% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learnin gdapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, sejarah, model, Blended learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YENIARWATI DEFENTI TUAN - Personal Name
Student ID
1601090140
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 1
Anderias Ande - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 UAN
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA