Skripsi
Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Alternatif Remediasinya Pada Konsep Kinematika Gerak
XMLPenelitian ini bertujuan menganalisis miskonsepsi siswa pada kinematika gerak kemudian menentukan alternatif remediasi miskonsepsi tersebut. Jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengkaji sepuluh jurnal nasional dan internasional hasil identifikasi miskonsepsi kinematika gerak; gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar. Pada konsep gerak lurus dan gerak parabola, miskonsepsi yang biasanya terjadi adalah siswa sulit mengidentifikasi besaran jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan, hingga tak jarang siswa mengasosiasikan konsep yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan pada gerak melingkar, siswa biasanya kesulitan dalam mengidentifikasi besaran periode, frekuensi, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal. Miskonsepsi demikian dapat diatasi dengan pendekatan pembelajaran yan efektif. Alternatif remediasi miskonsepsi yang efektif ialah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran kooperatif strategi konflik kognitif berbantuan KIT dan PhET. Kedua model pembelajaran ini terbukti mereduksi miskonsepsi siswa.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Kinematika Gerak, Remediasi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Abel Harapan - Personal Name
|
Student ID |
1701050055
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Pan A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |