Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didikdi SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didikdi SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang

XML

Dengan rumusan masalah bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang dan tujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang. Metode penelitian yaitu deskripsi kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang khususnya kelas IV, V dan VI. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang guru dapat berperan sebagai berikut : a) guru mendengarkan dan tidak mendominasi; b) guru bersikap sabar; c) guru menghargai dan rendah hati; d) guru bersikap sederajad; e) keinginan belajar; f) guru tidak berusaha menceramahi peserta didik; g) guru bersikap berwibawa; h) guru bersikap terbuka dan; i) guru bersikap positif. Berdasarkan pembahasan di atas disimpulkan bahwa guru sebagai fasiliatator yakni: guru mendengarkan dan tidak mendominasi selama kegiatan pembelajaran, guru bersikap sabar dengan membiarkan peserta didik belajar aktif dan mandiri, guru menghargai dan rendah hati atas setiap hasil kerja peserta didik, guru bersikap sederajad kepada peserta didik, keinginan untuk belajar dengan menentukan topik tanpa memberitahukan materi kepada peserta didik, guru tidak berusaha menceramahi peserta didik selama pembelajaran, guru bersikap berwibawa, guru bersikap terbuka dan guru bersikap positif selama pembelajaran berlangsung sehingga minat belajar peserta didik mengalami peningkatan.
Kata kunci: peran guru, fasilitator, minat belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ferderika Maryam Moykari - Personal Name
Student ID
1701140091
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MOY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA