Pengaruh Karakteristik Masalah, Daya Dukung Peraturan Dan Non Peraturan Terhadap Proses Implementasi Kebijakan Pembelajaran Online Berbasis E-Learning Di Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Tesis

Pengaruh Karakteristik Masalah, Daya Dukung Peraturan Dan Non Peraturan Terhadap Proses Implementasi Kebijakan Pembelajaran Online Berbasis E-Learning Di Universitas Nusa Cendana

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor karakteristik masalah, daya dukung peraturan dan non peraturan terhadap proses implementasi kebijakan pembelajaran online berbasis e-learning di Universitas Nusa Cendana. Jenis penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dimana untuk memperoleh kebenaran data maka dilakukan wawancara langsung kepada obyek yang diteliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 467 orang yang merupakan dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Cendana. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial PLS-SEM. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara deskriptif keempat variabel mendapat respon berkategori baik dengan capaian indikator faktor karakteristik masalah sebesar 73.28%, daya dukung peraturan sebesar 78.27%, daya dukung non peraturan sebesar 77.11% serta proses implementasi e-learning sebesar 75.05%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa faktor karakteristik masalah memberi pengaruh positif yang signifikan (p<0.05) secara langsung sebesar 18.4% dan melalui daya dukung non peraturan sebesar 48.3% namun melalui daya dukung peraturan hanya sebesar 5.3% tidak memberi pengaruh yang signifikan (p>0.05) terhadap proses implementasi kebijakan pembelajaran online berbasis e-learning di Universitas Nusa Cendana. Hasil uji determinan menunjukkan bahwa faktor karakteristik masalah memberi pengaruh sedang/moderat yang signifikan (p<0.05) melalui daya dukung peraturan sebesar 50.2% dan melalui daya dukung non peraturan sebesar 53.0% namun secara bersama-sama/simultan memberi pengaruh yang kuat sebesar 75.3% sedangkan 24.7% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: karakteristik masalah; daya dukung peraturan; daya dukung non peraturan; proses implementasi; e-learning


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Piter Ly - Personal Name
Student ID
2011020020
Dosen Pembimbing
Willam Djani - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
David B.W Pandie - 196112121986011001 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Magister Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 PIT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA