PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN FATUBENA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN FATUBENA

XML

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative Tipe STAD ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperative tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan teknis analisis data yakni deskritif kualitatif.dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran siklus I, dari 16 siswa terdapat 9 siswa (56,25%) yang tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik, dan beberapa siswa yang tuntas karena aktif dalam kelompok yang dibentuk. Selain itu, terdapat 7 siswa (43,75%) yang tidak tuntas dengan alasan tidak memperhatikan penjelasan guru, ragu untuk menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan, tidak aktif dalam diskusi dengan kelompok. Pada siklus I hasil tes siswa masih rendah, dikarenakan guru kurang dalam menjelaskan materi dan memberikan keragaman contoh dan kurangnya keluwesan sikap guru terhadap siswa. Hasil tes pada siklus I mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus II dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada pembelajaran siklus I, sehingga pada siklus II, siswa memperoleh persentase ketuntasan mencapai 100% atau 16 siswa tuntas karena sudah mampu menemukan dan memecahkan masalah dengan tepat dan kekurangan pada siklus I telah dipahami oleh siswa.
Penggunaan model pembelajaran cooperative tipe STAD pada pembelajaran tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 dapat meningatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Fatubena Kupang.

Kata Kunci: Model, pembelajaran STAD, organ gerak manusia, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rexy Noversi Kalawali - Personal Name
Student ID
1801140050
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA