PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KUASAET KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KUASAET KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tepatnya guru dalam menerapkan model pembelajaran sehingga rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuasaet Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pre-eksperimen one group pretest-posttest design menggunakan satu kelas dan melibatkan semua siswa kelas IV berjumlah 17 orang. Tahapan uji instrument dimulai dari uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-wilk berbantu software SPSS 20 diperoleh Sig. p-value pretest dan posttest > 0,05 yakni 0,411 dan 0,157. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran make a match, dengan rata-rata pretest siswa sebesar 33,82 dan rata-rata posttest siswa setelah perlakuan sebesar 86,18. Hasil iji hipotesis menggunakan rumus wilcoxon berbantu program SPSS 20 diperoleh nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuasaet Kota Kupang.

Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Eta Apriani Banabera - Personal Name
Student ID
1901140012
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Sofia G.Un Lala - - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA